Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Layanan adalah suatu pemberian nilai kepada pengguna untuk membantu pengguna
mencapai tujuan. Dalam mengelola layanan, salah satu komponen yang perlu
diperhatikan sebuah organisasi adalah manajemen ketersediaan. Manajemen
ketersediaan merupakan pengelolaan terhadap kemampuan layanan dalam
memenuhi kebutuhan pengguna. Di dalam ruang lingkup Institut Teknologi
Bandung (ITB), terdapat sebuah unit pengelola TI, yaitu Direktorat Teknologi
Informasi (DTI). Pada aktivitas pengelolaan ketersediaan, DTI melaksanakan
praktik manajemen ketersediaan yang bersifat reaktif dan intuitif. Oleh sebab itu,
penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah rancangan manajemen
ketersediaan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ITB dan DTI ITB.
Penelitian memanfaatkan kerangka kerja ITIL 4, yang dianggap sebagai praktik
terbaik dari pengelolaan layanan. Penelitian ini menghasilkan rancangan usulan
praktik manajemen ketersediaan layanan TI bagi DTI ITB yang dilengkapi usulan
dokumen seperti availability report dan availability plan. Pada tahap evaluasi, hasil
rancangan manajemen akan dibandingkan dengan penilaian kapabilitas awal dari
sistem manajemen yang diterapkan saat ini. Selain itu, untuk mengevaluasi
rancangan yang dihasilkan, dilakukan diskusi dan pemaparan dengan pemangku
kepentingan di DTI ITB. Berdasarkan pertemuan tersebut, didapatkan penilaian
hasil rancangan sebesar 4,6 dari skala 5.