digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Layanan adalah suatu pemberian nilai kepada pengguna untuk membantu pengguna mencapai tujuan. Dalam mengelola layanan, salah satu komponen yang perlu diperhatikan sebuah organisasi adalah manajemen ketersediaan. Manajemen ketersediaan merupakan pengelolaan terhadap kemampuan layanan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Di dalam ruang lingkup Institut Teknologi Bandung (ITB), terdapat sebuah unit pengelola TI, yaitu Direktorat Teknologi Informasi (DTI). Pada aktivitas pengelolaan ketersediaan, DTI melaksanakan praktik manajemen ketersediaan yang bersifat reaktif dan intuitif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah rancangan manajemen ketersediaan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ITB dan DTI ITB. Penelitian memanfaatkan kerangka kerja ITIL 4, yang dianggap sebagai praktik terbaik dari pengelolaan layanan. Penelitian ini menghasilkan rancangan usulan praktik manajemen ketersediaan layanan TI bagi DTI ITB yang dilengkapi usulan dokumen seperti availability report dan availability plan. Pada tahap evaluasi, hasil rancangan manajemen akan dibandingkan dengan penilaian kapabilitas awal dari sistem manajemen yang diterapkan saat ini. Selain itu, untuk mengevaluasi rancangan yang dihasilkan, dilakukan diskusi dan pemaparan dengan pemangku kepentingan di DTI ITB. Berdasarkan pertemuan tersebut, didapatkan penilaian hasil rancangan sebesar 4,6 dari skala 5.