digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kekayaan Intelektual (KI) memegang peranan penting dalam industri kreatif, tidak hanya terbatas pada proteksi namun juga sebagai pondasi yang memberikan nilai tambah pada produk kreatif melalui kreativitas dan orisinalitas. Dalam hal ini, industri kreatif mengandalkan pemanfaatan KI pada produknya. Oleh karena itu, memahami proses ini menjadi sangat penting, khususnya dalam komersialisasi yang menghasilkan nilai ekonomi. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi mekanisme komersialisasi KI, lebih spesifik pada objek karakter digital dalam industri kreatif. Dengan menggunakan desain kualitatif dan pendekatan eksploratif, penelitian ini berfokus pada studi kasus pada beberapa kreator Indonesia yang memiliki pengalaman dalam mengkomersialkan karakter digital mereka. Data dikumpulkan selain melalui wawancara semi-terstruktur pada kreator, wawancara dengan pakar industri dan pihak lainnya yang terkait dalam proses komersialisasi juga dilakukan untuk mendapatkan perspektif triangulasi. Selain itu analisis juga diperkaya dengan observasi pada sumber terkait. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kerja komersialisasi KI yang komprehensif, terutama pada karakter digital dalam industri kreatif. Penelitian ini mengkaji area komersialisasi KI pada industri kreatif yang kurang dieksplorasi dalam ruang lingkup akademis, dengan fokus khusus pada karakter digital. Tujuannya adalah untuk mengisi kesenjangan dalam literatur terkait topik ini. Studi yang akan menyoroti peran KI dalam menambah nilai dan potensi produk kreatif ini juga mencerminkan inti dari industri kreatif yang terletak pada transformasi ide-ide kreatif menjadi produk dan layanan berakar pada KI yang didorong oleh aset intelektual manusia. Kontribusi akademis dari penelitian ini terletak pada integrasi dan perluasan teori-teori dari manajemen karakter digital, industri kreatif, dan komersialisasi KI. Selain itu, penelitian ini juga berusaha menyempurnakan model teoritis dalam komersialisasi KI dengan menangkap karakteristik industri kreatif. Temuan pada penelitian juga akan memberikan panduan praktis dan strategis bagi kreator, pakar industri, dan pembuat kebijakan. Dengan menjabarkan strategi komersialisasi KI yang efektif, studi ini menawarkan wawasan yang dapat diimplementasikan untuk memaksimalkan potensi ekonomi dari karakter digital dan mendorong pertumbuhan serta inovasi industri kreatif yang berkelanjutan di era digital.