Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kondisi ekonomi digital di Indonesia saat ini mencerminkan perkembangan yang
pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perusahaan financial technology
yang berperan penting dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia adalah
DOKU. Payment link, salah satu produk DOKU, adalah produk yang digunakan
oleh entitas bisnis untuk membuat sebuah tautan yang memungkinkan pelanggan
untuk melakukan pembayaran online dengan berbagai metode pembayaran yang
tersedia. Namun, berdasarkan analisis yang diungkap dalam dokumen Payment
Link Competitive Analysis perusahaan DOKU, terlihat bahwa DOKU Payment
Link memiliki sejumlah gap fungsionalitas yang cukup signifikan bila
dibandingkan dengan produk pesaing. Tugas akhir ini bertujuan untuk
menghasilkan desain interaksi perbaikan produk no-code payment link pada
DOKU Merchant Dashboard yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna.
Metodologi yang digunakan pada tugas akhir ini adalah user-centered design
(UCD) dengan standar internasional ISO 9241-210:2010. Hasil akhir dari tugas
akhir ini berupa high-fidelity prototype DOKU Payment Link dengan tambahan
fungsionalitas baru (Multiple Payment, Customize Payment Link, Open Amount,
Simple Amount, Gather/Collect Customer Details, Predefined Template, Split
Amount, Adjustable Quantity, Partial Payment, Attachment) serta perbaikan desain
interaksi fungsionalitas existing dengan memperhatikan prinsip usability heuristic
dan UI guidelines yang telah diujikan sebanyak dua kali iterasi. Berdasarkan hasil
evaluasi iterasi terakhir, didapatkan bahwa desain interaksi memenuhi usability
goals karena usability secara keseluruhan cukup baik dengan SUS bernilai 67.5
dari skala 100 (OK, grade C) dan SEQ bernilai 3.66 dari skala 5 (cenderung
mudah); having good utility dengan satisfaction rate bernilai 79.4%; effective to
use dengan task completion rate 100% (dengan direct success 96.88%) dan
number of error yang menurun dari hasil evaluasi pertama desain interaksi;
efficient to use dengan avg time to complete per task yang juga menurun 22.79%
dari hasil evaluasi pertama desain interaksi. Desain interaksi perbaikan juga
memenuhi user experience goals karena helpful dengan IMI:value/usefulness
bernilai 5.2 dari skala 7 dan experiencing flow dengan direct success rate 96.88%.