digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Kondisi ekonomi digital di Indonesia saat ini mencerminkan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perusahaan financial technology yang berperan penting dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia adalah DOKU. Payment link, salah satu produk DOKU, adalah produk yang digunakan oleh entitas bisnis untuk membuat sebuah tautan yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran online dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Namun, berdasarkan analisis yang diungkap dalam dokumen Payment Link Competitive Analysis perusahaan DOKU, terlihat bahwa DOKU Payment Link memiliki sejumlah gap fungsionalitas yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan produk pesaing. Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan desain interaksi perbaikan produk no-code payment link pada DOKU Merchant Dashboard yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Metodologi yang digunakan pada tugas akhir ini adalah user-centered design (UCD) dengan standar internasional ISO 9241-210:2010. Hasil akhir dari tugas akhir ini berupa high-fidelity prototype DOKU Payment Link dengan tambahan fungsionalitas baru (Multiple Payment, Customize Payment Link, Open Amount, Simple Amount, Gather/Collect Customer Details, Predefined Template, Split Amount, Adjustable Quantity, Partial Payment, Attachment) serta perbaikan desain interaksi fungsionalitas existing dengan memperhatikan prinsip usability heuristic dan UI guidelines yang telah diujikan sebanyak dua kali iterasi. Berdasarkan hasil evaluasi iterasi terakhir, didapatkan bahwa desain interaksi memenuhi usability goals karena usability secara keseluruhan cukup baik dengan SUS bernilai 67.5 dari skala 100 (OK, grade C) dan SEQ bernilai 3.66 dari skala 5 (cenderung mudah); having good utility dengan satisfaction rate bernilai 79.4%; effective to use dengan task completion rate 100% (dengan direct success 96.88%) dan number of error yang menurun dari hasil evaluasi pertama desain interaksi; efficient to use dengan avg time to complete per task yang juga menurun 22.79% dari hasil evaluasi pertama desain interaksi. Desain interaksi perbaikan juga memenuhi user experience goals karena helpful dengan IMI:value/usefulness bernilai 5.2 dari skala 7 dan experiencing flow dengan direct success rate 96.88%.