digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Muhammad Basyir
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Horizontal tail plane (HTP) merupakan komponen dari pesawat udara yang berguna sebagai permukaan angkat yang dapat menyediakan stabilitas dan kontrol terhadap pesawat. HTP memiliki struktur yang mirip dengan sayap utama pesawat. Faktor utama dalam perancangan struktur adalah kekuatan, berat, dan keandalan. Tegangan dan defleksi akibat beban aerodinamik dan inersia yang dialami HTP merupakan aspek yang menjadi pertimbangan dalam perancangan struktur. Optimasi berat komponen pesawat penting untuk mencapai bobot minimum pesawat dengan kekuatan yang cukup. Dalam penelitian ini, pertama kali dilakukan pengembangan model untuk memprediksi tegangan, defleksi, dan berat struktur HTP pesawat transport amfibi 19 penumpang menggunakan metode elemen hingga Abaqus/CAE. Selanjutnya dilakukan optimasi berat dengan memvariasikan ketebalan komponen, yaitu stringer, front spar web, rear spar web, lower/upper skin, lower/upper skin panel, serta rib web. Metode Design For Six Sigma (DFSS) yang mencakup Taguchi dan Analysis of Variance (ANOVA) digunakan untu pengurangan massa HTP. Hasil studi yang dilakukan dapat mengurangi berat satu struktur HTP dari semula 22.89 kg menjadi 17.54 kg. Pengurangan berat terutama terjadi akibat pengecilan geometri pada komponen HTP berupa stringer, upper skin, dan lower skin.