Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki pangsa
pasar liquified petroleum gas (LPG) terbesar di Indonesia. Dalam mendistribusikan
energi, PT X harus memenuhi prinsip availability atau memastikan ketersediaan
stok. Salah satu ukuran kinerja ketahanan stok adalah coverage days, yaitu jumlah
hari permintaan LPG dapat dilayani dengan stok yang tersedia. Berdasarkan data
realisasi stok LPG PT X di tahun 2022, nilai coverage days LPG untuk seluruh
terminal akhir di MOR Y sebesar 4,28 hari. Pada tahun 2022 terdapat 122 hari di
mana nilai coverage days LPG di terminal akhir MOR Y kurang dari 3 hari (standar
cadangan kerja yang ditetapkan Kementerian ESDM). Total biaya pengisian
kembali (replenishment) LPG MOR Y juga terbilang tinggi, yaitu
Rp267.891.555.860 yang menyumbang 22,769% dari total biaya pengisian ulang
LPG nasional PT X. Biaya yang tinggi serta coverage days yang masih rendah
diakibatkan oleh penjadwalan pengisian kembali persediaan yang belum optimal.
Dengan demikian, perlu dilakukan penentuan penjadwalan kapal pengisian kembali
persediaan LPG MOR Y PT X yang dapat meningkatkan ketahanan stok dan
menurunkan biaya pengiriman.
Dalam penelitian ini, dibangun sebuah model pemrograman linier untuk
menentukan volume LPG yang dikirim ke terminal akhir, waktu pengiriman,
sumber pasokan, serta kapal yang digunakan untuk mengirim LPG sehingga
diperoleh biaya pengisian (replenishment) LPG yang minimum. Keputusan yang
dihasilkan berada pada level taktikal dengan perencanaan jadwal pasokan selama
satu tahun. Untuk mengakomodasi ketidakpastian ketersediaan kapal, penyelesaian
model dilakukan dengan metode rolling horizon, yaitu pencarian solusi optimal
untuk setiap periode.
Solusi model optimal menghasilkan total biaya pengisian LPG sebesar
Rp257.432.613.283 dengan penurunan biaya sebesar 3,9% dari kondisi eksisting
dan nilai coverage days sebesar 4,82 hari dengan kenaikan coverage days sebesar
12,54% dari kondisi eksisting. Total volume LPG yang dikirimkan ke terminal
akhir MOR Y adalah sebesar 1.688.989 MT. Dibutuhkan 4 kapal berjenis small II
dengan rata-rata utilisasi sebesar 33,29% dan 5 kapal berjenis midsize dengan rata-
rata utilisasi 63,23% dalam setahun agar didapat biaya pengisian yang minimum.