ABSTRAK Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Ilmu sosiofisika memodelkan fenomena sosial, seperti dinamika opini, dengan
menggunakan pendekatan berbasis data. Female Daily merupakan salah satu media
sosial yang dapat digunakan untuk berbagi opini dan pengalaman terkait produk
kecantikan. Pada forum diskusi yang disediakan Female Daily, topik jerawat
menempati posisi kedua terpopuler. Minyak pohon teh telah terbukti memiliki
beragam aktivitas antimikroba untuk mengatasi jerawat. Pada penelitian ini,
dilakukan analisis sentimen Female Daily terkait produk kecantikan berbahan
minyak pohon teh dengan menggunakan metode Entropi Maksimum (EM),
Random Forest (RF), dan K-Neirest Neighbors (KNN). Analisis dilakukan mulai
dari pengumpulan data, praproses data, TF-IDF, hingga klasifikasi data yang
dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan akumulasi dari 10 set
data dengan memvariasikan jumlah data latih. Metode EM secara konsisten
memiliki nilai akurasi tertinggi dibandingkan dengan kedua model lainnya. Nilai
akurasi tertinggi EM adalah 0,7443, RF bernilai 0,716, dan KNN bernilai 0,69.
Lalu, tahap kedua dilakukan pada masing-masing set data dengan menerapkan
variasi data latih 80% yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan nilai akurasi, nilai
presisi, dan kemungkinan overfitting. Didapatkan hasil bahwa akurasi dari metode
EM dan RF menempati nilai yang sama pada beberapa set data. Akurasi tertinggi
dari kedua model tersebut ada pada produk Tea Tree 3-in-1 Wash Scrub Mask, yaitu
0,75. Sedangkan akurasi KNN seluruhnya berada dibawah nilai 0.7, dengan puncak
tertingginya berada pada produk Tea Tree Skin Clearing Body Wash dan Tea Tree
Flawless BB Cream. Selain itu, jumlah sentimen positif yang lebih dari tiga kali
lipat sentimen negatif, menunjukkan bahwa produk kecantikan berbahan minyak
pohon teh dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.