digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Tsaniyah Rafelia Zahrah
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

Ilmu sosiofisika memodelkan fenomena sosial, seperti dinamika opini, dengan menggunakan pendekatan berbasis data. Female Daily merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi opini dan pengalaman terkait produk kecantikan. Pada forum diskusi yang disediakan Female Daily, topik jerawat menempati posisi kedua terpopuler. Minyak pohon teh telah terbukti memiliki beragam aktivitas antimikroba untuk mengatasi jerawat. Pada penelitian ini, dilakukan analisis sentimen Female Daily terkait produk kecantikan berbahan minyak pohon teh dengan menggunakan metode Entropi Maksimum (EM), Random Forest (RF), dan K-Neirest Neighbors (KNN). Analisis dilakukan mulai dari pengumpulan data, praproses data, TF-IDF, hingga klasifikasi data yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan akumulasi dari 10 set data dengan memvariasikan jumlah data latih. Metode EM secara konsisten memiliki nilai akurasi tertinggi dibandingkan dengan kedua model lainnya. Nilai akurasi tertinggi EM adalah 0,7443, RF bernilai 0,716, dan KNN bernilai 0,69. Lalu, tahap kedua dilakukan pada masing-masing set data dengan menerapkan variasi data latih 80% yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan nilai akurasi, nilai presisi, dan kemungkinan overfitting. Didapatkan hasil bahwa akurasi dari metode EM dan RF menempati nilai yang sama pada beberapa set data. Akurasi tertinggi dari kedua model tersebut ada pada produk Tea Tree 3-in-1 Wash Scrub Mask, yaitu 0,75. Sedangkan akurasi KNN seluruhnya berada dibawah nilai 0.7, dengan puncak tertingginya berada pada produk Tea Tree Skin Clearing Body Wash dan Tea Tree Flawless BB Cream. Selain itu, jumlah sentimen positif yang lebih dari tiga kali lipat sentimen negatif, menunjukkan bahwa produk kecantikan berbahan minyak pohon teh dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.