digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Felix Fernando
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

Shallow water equation telah banyak digunakan untuk mengkaji kejadian gelombang permukaan, penggunaan SWE memungkinkan simulasi yang cukup akurat dan mudah untuk berbagai kasus nyata dari gelombang permukaan. Pada penelitian ini, akan dikembangkan sebuah alat komputasi untuk melakukan simulasi dengan SWE yang dengan tampilan antarmuka sehingga memudahkan pengguna dalam pengoperasian alat kompputasi. Alat komputasi yang dikembangkan akan dapat mengatasi tantangan simulasi di atas berbagai topografi, memungkinkan pemodelan yang presisi terhadap interaksi gelombang dengan struktur topografis yang beragam. Dalam pengembangannya, alat komputasi ini akan menggunakan Godot yang merupakan sebuah game engine. Pengintegrasian Godot sebagai game engine memberikan keunggulan tambahan denganmemberikan antarmuka pengguna yang ramah pengguna dan visualisasi yang menarik. Dengan demikian, alat ini tidak hanya menjadi platform untuk studi ilmiah tetapi juga dapat digunakan secara luas oleh berbagai kalangan, termasuk peneliti, pendidik, dan mahasiswa, untuk memahami fenomena gelombang permukaan dengan lebih baik.