Transportasi merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya. Transportasi pribadi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya, khususnya sepeda motor. Salah satu merek sepeda motor terbesar di Indonesia adalah Honda, Jawa Barat merupakan salah satu penyumbang penggunaan sepeda motor terbesar. Namun, pangsa pasar mereka menurun dari tahun ke tahun. Penting untuk meninjau kepuasan pelanggan dalam pembelian produk Honda baik dari segi produk maupun layanan melalui perjalanan pelanggan mereka dalam pembelian produk Honda. Oleh karena itu, penelitian ini akan menemukan aspek-aspek yang dibutuhkan pelanggan dari review online, khususnya review Google. Penelitian ini melakukan studi kasus pada Dealer Daya Adicipta Motora Bandung, Dealer Bintang Niaga Jaya Bogor, dan Dealer Murni Motor II Bogor.
Penggunaan Importance Performance Analysis (IPA) akan merekomendasikan aspek-aspek yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan. Langkah pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dari review Google dengan menggunakan non-negative matrix factorization (NMF) yang menghasilkan matriks H dan matriks W sebagai kata kunci untuk setiap aspek. Kemudian, penelitian ini juga menghitung sentimen untuk setiap ulasan menggunakan pohon ketergantungan dan leksikon SenticNet5. Hasil dari NMF dan sentiment akan dilakukan perhitungan Tingkat kinerja dan tingkat kepentingannya yang akan diplot ke dalam grafik dan dibagi menjadi empat kuadran, dengan Kuadran A sebagai prioritas utama untuk perbaikan.
Dari delapan aspek yang teridentifikasi di Dealer Daya Adicipta Motora Bandung, fasilitas ruang tunggu menjadi prioritas perbaikan. Dealer Bintang Niaga Jaya Bogor memiliki 7 aspek yang teridentifikasi, dan pelayanan serta pengalaman membeli menjadi prioritas utama perbaikan; Sementara itu, terdapat 4 aspek yang teridentifikasi di Dealer Murni Motor II Bogor, dengan waktu tunggu dan fasilitas ruang tunggu menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan.