ABSTRAK Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Jefferson Limanza
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Berat dan kecepatan operasi kereta sangat berpengaruh terhadap kondisi rel dan kereta
api itu sendiri. Ketidakpatuhan terhadap regulasi berat dan kecepatan dapat memengaruhi
kesehatan berbagai komponen. Pengukuran berat umumnya dilakukan ketika kereta diam
yang menyebabkan turunnya efisiensi operasional. Oleh karena itu, penelitian ini
mengeksplorasi metode untuk mengukur berat dan kecepatan kereta berdasarkan akselerasi
vertikal rel ketika kereta melintasi rel menggunakan machine learning.
Data yang akan diolah oleh machine learning berasal dari simulasi dinamik
menggunakan Universal Mechanism dengan objek analisis berupa kereta penumpang dan
jalan rel fleksibel sebagai sistem benda jamak. Jalan rel fleksibel diberi ketidakteraturan
geometri untuk merepresentasikan kondisi nyata. Respon dinamis rel diwakilkan oleh
akselerasi vertikal rel dan waktu.
Fitur masukan untuk machine learning mencakup tiga puluh nilai tertinggi dari
percepatan vertikal rel yang sudah diabsolutkan dan waktu terjadinya. Sementara itu, fitur
keluaran mencakup berat dan kecepatan kereta. Digunakan sembilan metode pembelajaran
regresi berbeda dalam pengembangan model prediksi berat dan kecepatan untuk menemukan
metode dengan nilai root mean square error terendah. Selanjutnya, karakteristik kedua
model akan dianalisis berdasarkan nilai root mean square error (RMSE), mean absolute
error (MAE) dan standar deviasi (SD).
Metode terbaik yang diperoleh adalah metode pembelajaran regresi random forest untuk
memprediksi baik nilai berat maupun kecepatan kereta berdasarkan respon akselerasi vertikal
rel ketika dilalui oleh kereta. Model prediksi berat kereta memiliki nilai RMSE sebesar 0,83
ton sedangkan model prediksi kecepatan kereta memiliki nilai RMSE sebesar 0,92 km/jam.