
2024_TS_PP_Bahtera Segara Tresna_29121142_Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman Ringkasan
Perkembangan bisnis dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk bisa taat pada hukum bisnis
dan etika bisnis. Produk yang dihasilkan dari kesadaran perusahaan salah satunya adalah
implementasi program CSR khususnya program pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan
program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh perusahaan dapat
melalui berbagai macam metode, Program Sentra Kopi Sejahterakan Petani (SEKOP SENI)
adalah salah satu program CSR yang dijalankan oleh PT Pertamina Patra Niaga DPPU Husein
Sastranegara di Desa Suntenjaya, Bandung, Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan
memberdayakan para petani kopi dengan tujuan agar kesejahteraannya dapat meningkat secara
komprehensif dengan binaan dan pantauan dari perusahaan. Studi ini menggunakan
pendekatan komprehensif, berdasarkan landasan teori CSR, inovasi sosial, dan pemberdayaan.
Penelitian ini mengukur dampak program terhadap berbagai pemangku kepentingan dan
menilai kelayakan finansialnya. Studi ini juga mengeksplorasi implikasi yang lebih luas dari
CSR, ESG (Environmental, Social, and Corporate Governance), dan SDGs (Sustainable
Development Goals), dengan menyoroti keterkaitan ketiga hal tersebut dan potensi perubahan
yang efektif jika digabungkan. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan strategi program,
metodologi pendampingan, dan efisiensi sumber daya, dengan menekankan pentingnya
menyelaraskan inisiatif CSR dengan strategi bisnis untuk pertumbuhan berkelanjutan.
Penelitian ini memberikan kontribusi wawasan berharga mengenai praktik CSR di negaranegara
berkembang khususnya di Indonesia dan menggarisbawahi pentingnya evaluasi
berkelanjutan untuk memastikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari programprogram
tersebut.