digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan bisnis dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk bisa taat pada hukum bisnis dan etika bisnis. Produk yang dihasilkan dari kesadaran perusahaan salah satunya adalah implementasi program CSR khususnya program pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh perusahaan dapat melalui berbagai macam metode, Program Sentra Kopi Sejahterakan Petani (SEKOP SENI) adalah salah satu program CSR yang dijalankan oleh PT Pertamina Patra Niaga DPPU Husein Sastranegara di Desa Suntenjaya, Bandung, Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memberdayakan para petani kopi dengan tujuan agar kesejahteraannya dapat meningkat secara komprehensif dengan binaan dan pantauan dari perusahaan. Studi ini menggunakan pendekatan komprehensif, berdasarkan landasan teori CSR, inovasi sosial, dan pemberdayaan. Penelitian ini mengukur dampak program terhadap berbagai pemangku kepentingan dan menilai kelayakan finansialnya. Studi ini juga mengeksplorasi implikasi yang lebih luas dari CSR, ESG (Environmental, Social, and Corporate Governance), dan SDGs (Sustainable Development Goals), dengan menyoroti keterkaitan ketiga hal tersebut dan potensi perubahan yang efektif jika digabungkan. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan strategi program, metodologi pendampingan, dan efisiensi sumber daya, dengan menekankan pentingnya menyelaraskan inisiatif CSR dengan strategi bisnis untuk pertumbuhan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi wawasan berharga mengenai praktik CSR di negaranegara berkembang khususnya di Indonesia dan menggarisbawahi pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk memastikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari programprogram tersebut.