PT. Sinergy Diagnostic telah menjadi distributor In Vitro Diagnostics (IVD) selama lebih dari 17 tahun dan telah melayani beberapa klien termasuk laboratorium medis, klinik, rumah sakit, dan lembaga publik yang dimiliki baik oleh entitas swasta dan pemerintah secara efektif menunjukkan implementasi strategis dari Operasi Kerjasama. (KSO). Di tengah pandemi, perusahaan menyaksikan peningkatan signifikan dalam penjualan Point of Care Testing (POCT), yang dapat dikaitkan dengan peningkatan permintaan untuk tes diagnostik cepat.Tetapi, sejak epidemi berakhir, kebutuhan untuk POCT diperkirakan akan berkurang, mewakili ancaman potensial untuk pendapatan penjualan perusahaan, yang telah menjadi semakin bergantung pada kategori ini sepanjang periode pandemi.
Tujuan penelitian adalah untuk melakukan analisis lingkungan bisnis untuk menentukan kondisi saat ini dan potensi pertumbuhan dan secara strategis beradaptasi dengan perubahan dinamika sektor Diagnostik In Vitro (IVD) setelah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan kombinasi sumber data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara tangan pertama dan pengamatan. Data sekunder dikumpulkan dari banyak sumber seperti buku, kertas, dan jurnal akademik yang relevan dengan industri diagnostik in vitro (IVD) dan strategi pemasaran. Ini membantu dalam membangun pemahaman fundamental tentang pencapaian bersejarah perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi mereka. Selanjutnya, analisis Analisis STP memperoleh hasil dari 4 segmen pasar termasuk Hospital Type A, B-C, D-Puskesmas, dan Private Laboratory. Lingkungan eksternal dilakukan dengan menggunakan analisis PEST, Market Overview, Customer Analysis dengan deskriptif kualitatif menggunakan metode firmographic menggunakan 15 sampel data termasuk 3 Segmen. Pendekatan ini memberikan wawasan tentang faktor makro lingkungan yang lebih besar yang mempengaruhi bisnis IVD dan posisi PT Sinergy Diagnostic di dalamnya. Ini adalah gambaran menyeluruh dari posisi strategis PT Sinergy Diagnostic. Dari sudut pandang ini, Strategi Formulasi dilakukan dengan menggunakan TOWS Matrix untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang layak untuk organisasi. Selain itu, Rencana Transformasi Bisnis baru yang disarankan diakui, hasil studi ini Berdasarkan analisis secara keseluruhan, PT Sinergy Diagnostic masih tertinggal di belakang pesaing lainnya. Untuk tetap kompetitif, PT Sinergy Diagnostic harus beradaptasi baik dalam hal sumber daya dan promosi yang digunakan adalah Strategi Paritas, dalam konteks kerangka Porter, sering berhubungan dengan paritas kompetitif. Meskipun itu tidak selalu berarti menjadi pemimpin mutlak dalam setiap aspek, mencapai paritas sangat penting untuk bertahan dan relevan di pasar.
Strategi pemasaran berikutnya yang disajikan adalah 7P’s Marketing Mix. beberapa aspek dari Marketing Mix ditingkatkan, sementara yang lain diubah. Produk dan promosi telah diubah. Sementara itu, ada perbaikan yang luar biasa di tempat, bukti fisik, orang, dan proses.