digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salmanis adalah toko es krim yang terletak di Kota Bandung. Sejak dibuka pada tanggal 29 September 2022, omzet Salmanis hanya bergantung pada penjualan langsung khususnya pembelian dari mahasiswa di ITB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja Salmanis. Faktor internal diperoleh dengan menganalisis lingkungan umum, lingkungan industri, dan analisis kompetitor. Analisis sumber daya dan analisis rantai nilai dilakukan untuk memperoleh faktor internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui laporan, jurnal, berita, brosur, artikel, website, dan media sosial. Kebaruan penelitian ini adalah pemanfaatan pendekatan pemasaran holistik, segala sesuatunya berhubungan dengan sumber daya dan aktivitas. Kuantifikasi SWOT dilakukan untuk memilih faktor-faktor yang signifikan dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Salmanis, serta untuk menilai faktor-faktor dominan yang menentukan strategi perusahaan yang tepat. Matriks TOWS dilakukan untuk merumuskan strategi fungsional. Berdasarkan analisis, strategi perusahaan yang tepat bagi Salmanis adalah pertumbuhan, strategi bisnis yang diusulkan adalah diferensiasi, dan strategi pemasaran diusulkan melalui pengembangan strategi pemasaran sosial media.