digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Jamal Radifan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Praktik-praktik keuangan berkelanjutan semakin meningkat di industri perbankan global, yang mengarah pada pergeseran ke arah perbankan hijau atau berkelanjutan. Bank menjadi yang terdepan dalam mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan, bertransisi menuju ekonomi rendah karbon, mengelola risiko lingkungan, dan memastikan stabilitas dan ketahanan sektor keuangan jangka panjang. Gen Z, kelompok konsumen yang sedang berkembang, semakin sadar akan isu-isu lingkungan dan sosial. Studi ini membangun dan menganalisis kerangka kerja konseptual untuk menentukan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan layanan perbankan berkelanjutan di kalangan Gen Z. Mengikuti teori planned behavior (TPB) yang digabungkan dengan teori stimulus-organisme-respon (SOR), studi ini menambahkan konstruk yaitu promosi hijau dan identitas diri keberlanjutan. Survei dilakukan untuk mengumpulkan data dari 325 pelanggan Gen Z Indonesia. Model penelitian diuji dengan menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, identitas diri keberlanjutan dan kontrol perilaku yang dirasakan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap niat penggunaan. Sementara pengaruh promosi hijau adalah positif tetapi tidak signifikan, sikap adalah mediator yang signifikan antara promosi hijau dan niat penggunaan. Studi ini berkontribusi pada literatur tentang perilaku konsumen berkelanjutan di perbankan, dan memberikan wawasan bagi para pembuat kebijakan dan manajer yang ingin mempromosikan praktik perbankan berkelanjutan dan menarik pelanggan Gen Z.