






ABC adalah perusahaan petrokimia multinasional yang berbasis di AS dan
beroperasi secara global. Ekonomi global melambat karena perang dan inflasi
yang tinggi secara global. Namun, ekonomi Asia Tenggara masih tumbuh
melebihi rata-rata global sekitar 5 – 6%. Oleh karena itu, strategi untuk tumbuh di
kawasan Asia Tenggara menjadi penting untuk terus mendorong pertumbuhan dan
profitabilitas bagi perusahaan.
Dalam portofolio Asia Tenggara untuk ABC ada lini bisnis komoditas dan khusus.
Saat ini, ABC sudah menjadi pemain utama dalam bisnis komoditas dan selaras
dengan arah perusahaan, ABC perlu mengembangkan bisnis khusus mereka di
bawah portofolio sistem. Berdasarkan pengetahuan pasar yang ada, pasar
Tenggara yang tumbuh cepat adalah bangunan dan konstruksi dengan CAGR 6-
7% di atas PDB. Oleh karena itu, pasar atap adalah yang paling cocok untuk divisi
Bisnis ABC PU untuk mengeksplorasi dan strategi yang tepat untuk tumbuh di
pasar ini.
Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji penelitian, yang terkait dengan strategi
bisnis, membuat kerangka kerja, dan mengumpulkan data. Data dikumpulkan
melalui wawancara terstruktur dengan responden di seluruh Asia Tenggara.
Pertanyaan diajukan ke berbagai fungsi dalam perusahaan responden mulai dari
pemilik, produksi, penelitian, dan pengembangan, dan departemen pembelian
untuk mendapatkan informasi 360 derajat. Selanjutnya adalah menganalisis situasi
Strategi Bisnis Energi Efisiensi Asia Tenggara Perusahaan
Langit Cerahss untuk Industri Atap
iv
eksternal yang terkait dengan penelitian ini melalui metode PESTEL dan
PORTER. Selanjutnya adalah menganalisis industri atap dari voice of customers,
membandingkan kondisi pasar yang ada dengan kemampuan internal perusahaan
untuk mempersiapkan strategi.
Menempatkan strategi yang tepat untuk menembus pasar ini menjadi penting
untuk meningkatkan tingkat keberhasilan. Pertama, memahami faktor-faktor
eksternal yang mempengaruhi industri dan menganalisis kemampuan internal
akan dilakukan. Hal ini untuk menentukan peluang dan kesenjangan antara ABC
dan pemain eksisting yang didominasi pasar atap. Dengan memiliki pemahaman
semacam ini, ABC dapat menempatkan strategi mereka ke dalam segmentasi,
penargetan, dan penentuan posisi. Selain itu, ABC akan memiliki mi pemasaran
mereka
Terakhir, dari strategi ABC mengharapkan untuk memiliki rencana implementasi
yang jelas bersama tinjauan peluang dengan alat win worth nyata untuk
menggunakan kesempatan bagi ABC untuk mendapatkan saham dari pesaing.
Memiliki ABC ini akan memiliki daftar proyek dan item tindakan yang harus
diambil untuk meningkatkan profitabilitas mereka sebagai pengembalian bisnis.