digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Yulianto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

ABC adalah perusahaan petrokimia multinasional yang berbasis di AS dan beroperasi secara global. Ekonomi global melambat karena perang dan inflasi yang tinggi secara global. Namun, ekonomi Asia Tenggara masih tumbuh melebihi rata-rata global sekitar 5 – 6%. Oleh karena itu, strategi untuk tumbuh di kawasan Asia Tenggara menjadi penting untuk terus mendorong pertumbuhan dan profitabilitas bagi perusahaan. Dalam portofolio Asia Tenggara untuk ABC ada lini bisnis komoditas dan khusus. Saat ini, ABC sudah menjadi pemain utama dalam bisnis komoditas dan selaras dengan arah perusahaan, ABC perlu mengembangkan bisnis khusus mereka di bawah portofolio sistem. Berdasarkan pengetahuan pasar yang ada, pasar Tenggara yang tumbuh cepat adalah bangunan dan konstruksi dengan CAGR 6- 7% di atas PDB. Oleh karena itu, pasar atap adalah yang paling cocok untuk divisi Bisnis ABC PU untuk mengeksplorasi dan strategi yang tepat untuk tumbuh di pasar ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji penelitian, yang terkait dengan strategi bisnis, membuat kerangka kerja, dan mengumpulkan data. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan responden di seluruh Asia Tenggara. Pertanyaan diajukan ke berbagai fungsi dalam perusahaan responden mulai dari pemilik, produksi, penelitian, dan pengembangan, dan departemen pembelian untuk mendapatkan informasi 360 derajat. Selanjutnya adalah menganalisis situasi Strategi Bisnis Energi Efisiensi Asia Tenggara Perusahaan Langit Cerahss untuk Industri Atap iv eksternal yang terkait dengan penelitian ini melalui metode PESTEL dan PORTER. Selanjutnya adalah menganalisis industri atap dari voice of customers, membandingkan kondisi pasar yang ada dengan kemampuan internal perusahaan untuk mempersiapkan strategi. Menempatkan strategi yang tepat untuk menembus pasar ini menjadi penting untuk meningkatkan tingkat keberhasilan. Pertama, memahami faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi industri dan menganalisis kemampuan internal akan dilakukan. Hal ini untuk menentukan peluang dan kesenjangan antara ABC dan pemain eksisting yang didominasi pasar atap. Dengan memiliki pemahaman semacam ini, ABC dapat menempatkan strategi mereka ke dalam segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi. Selain itu, ABC akan memiliki mi pemasaran mereka Terakhir, dari strategi ABC mengharapkan untuk memiliki rencana implementasi yang jelas bersama tinjauan peluang dengan alat win worth nyata untuk menggunakan kesempatan bagi ABC untuk mendapatkan saham dari pesaing. Memiliki ABC ini akan memiliki daftar proyek dan item tindakan yang harus diambil untuk meningkatkan profitabilitas mereka sebagai pengembalian bisnis.