digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

COVER Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

BAB 1 Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

BAB 2 Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

BAB 3 Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

BAB 4 Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

BAB 5 Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

PUSTAKA Juju Julaeha
PUBLIC Open In Flip Book Yati Rochayati

Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran fisika sangat penting. Namun kenyataannya tidak semua sekolah memiliki alat praktikum yang memadai. Sehingga diperlukan alternatif media pembelajaran yang dapat memfasilitasi kegiatan praktikum. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa laboratorium virtual. Laboratorium virtual yang dikembangkan hendaknya dapat memfasilitasi kegiatan praktikum seperti halnya praktikum di laboratorium fisik. Siswa difasilitasi untuk melakukan kegiatan mengamati, mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data dan membuat kesimpulan dari praktikum yang telah dilakukan. Oleh karena itu tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan laboratorium virtual yang dapat membantu siswa melakukan kegiatan praktikum secara virtual sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajarinya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang menghasilkan produk berupa website laboratorium virtual. Melalui analisis kurikulum di SMA diperoleh informasi bahwa salah satu materi yang membutuhkan kegiatan praktikum yaitu gerak harmonik sederhana. Perangkat lunak GeoGebra diprediksi cocok untuk mengkonstruksi laboratorium virtual gerak harmonik sederhana sebab GeoGebra menyediakan alat visualisasi yang kuat untuk menggambarkan grafik dan simulasi objek secara presisi. Selanjutnya untuk memudahkan akses pengguna, aplikasi laboratorium virtual ditanam ke dalam sebuah website yang dibangun menggunakan akun belajar id (Google Sites). Hasil validasi produk laboratorium virtual menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli materi sebesar 3,9 (kriteria sangat baik) dan rata-rata penilaian ahli media sebesar 3,8 (kriteria sangat baik). Sedangkan hasil analisis tanggapan menunjukkan bahwa siswa dan guru “sangat mendukung” pengembangan laboratorium virtual. Oleh karena itu, berdasarkan validasi ahli media, ahli materi juga tanggapan guru dan siswa maka laboratorium virtual layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum pada materi gerak harmonik sederhana.