Penelitian ini meneliti tantangan dan peluang dalam usaha kecil dan menengah
(UKM) di industri makanan dan minuman Indonesia, dengan fokus pada studi
kasus Dynamis Space, sebuah kedai kopi di Jakarta Selatan, Indonesia.
Pentingnya UKM dalam ekonomi negara berkembang, khususnya kebutuhan
mereka akan strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan efisiensi
operasional.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah umum penjualan
yang tidak konsisten dan kesulitan operasional di UKM. Ini bertujuan untuk
menciptakan rencana strategis untuk meningkatkan kinerja penjualan dan efisiensi
di Dynamis Space. Penelitian ini menggunakan kombinasi data kualitatif dan
kuantitatif, yang dikumpulkan dari Oktober 2022 hingga November 2023, untuk
memeriksa seluruh struktur organisasi, tren penjualan, dan cara operasional
Dynamis Space.
Penelitian ini diharapkan menemukan beberapa poin penting. Pertama, rencana
strategis yang matang dapat membantu menstabilkan dan meningkatkan
penjualan. Kedua, mengungkap cara membuat operasi lebih efisien melalui
perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Temuan-temuan ini dimaksudkan
untuk menyediakan strategi yang berguna bagi UKM untuk meningkatkan
penjualan dan operasi mereka. Selain itu, studi ini berencana untuk menunjukkan
pentingnya strategi bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar yang selalu berubah.
Signifikansi dari penelitian ini terletak pada kontribusinya di bidang akademik
strategi bisnis dan manajemen operasional, khususnya dalam konteks UKM di
negara berkembang. Studi ini bertujuan untuk memajukan pemahaman dalam
meningkatkan kinerja penjualan dan efisiensi operasional di sektor UKM.