COVER Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Penelitian ini menggali lanskap sektor jasa arsitektur di Indonesia yang dinamis.
Kontribusi yang signifikan dari jasa arsitektur terhadap PDB nasional sangat terlihat,
didorong oleh regulasi pemerintah yang mewajibkan izin bangunan dan renovasi. Namun, N.
Studioworks menghadapi tantangan dalam menjaga pertumbuhan bisnis. Salah satu isu
penting yang diidentifikasi adalah pemahaman dan keselarasan dengan preferensi klien
berdasarkan lingkungan di Indonesia yang multikultural. Studi ini menggunakan metodologi
terpadu, mencakup Customer Journey Maps (CJMs) dan kerangka kerja SERVQUAL, untuk
mendalami preferensi klien secara menyeluruh. Melalui in-depth-interview, penelitian
bertujuan memetakan dan mengevaluasi layanan arsitektur berdasarkan lima dimensi
SERVQUAL yaitu, reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles. Metode
Analisis Hirarki Proses (AHP) digunakan untuk mengidentifikasi dan strukturalisasi preferensi
klien secara sistematis melalui pendekatan komprehensif untuk memahami dan memberikan
prioritas pada berbagai sub-kriteria. Penelitian ini mengusulkan model inovasi layanan baru
untuk memenuhi kualitas layanan yang baik bagi perusahaan arsitektur.