digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Retno Fitriah Irsyalina
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini menggali lanskap sektor jasa arsitektur di Indonesia yang dinamis. Kontribusi yang signifikan dari jasa arsitektur terhadap PDB nasional sangat terlihat, didorong oleh regulasi pemerintah yang mewajibkan izin bangunan dan renovasi. Namun, N. Studioworks menghadapi tantangan dalam menjaga pertumbuhan bisnis. Salah satu isu penting yang diidentifikasi adalah pemahaman dan keselarasan dengan preferensi klien berdasarkan lingkungan di Indonesia yang multikultural. Studi ini menggunakan metodologi terpadu, mencakup Customer Journey Maps (CJMs) dan kerangka kerja SERVQUAL, untuk mendalami preferensi klien secara menyeluruh. Melalui in-depth-interview, penelitian bertujuan memetakan dan mengevaluasi layanan arsitektur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL yaitu, reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles. Metode Analisis Hirarki Proses (AHP) digunakan untuk mengidentifikasi dan strukturalisasi preferensi klien secara sistematis melalui pendekatan komprehensif untuk memahami dan memberikan prioritas pada berbagai sub-kriteria. Penelitian ini mengusulkan model inovasi layanan baru untuk memenuhi kualitas layanan yang baik bagi perusahaan arsitektur.