digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

2024 TS PP MOCHAMMAD ANDRIESYAH – BAB I.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mochammad Andriesyah
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Musisi dan label rekaman mengandalkan Return of Investment (ROI) untuk menutupi biaya terkait rekaman studio, pemasaran, dan biaya hidup, memungkinkan mereka untuk menginvestasikan kembali dalam karya mereka, seperti merekam album baru dan tur promosi. Media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas, terhubung dengan penggemar secara global, dan memperkuat hubungan antara seniman dan penggemar. Platform seperti TikTok, dengan algoritma halaman "For You"-nya, memberikan peluang unik bagi musisi untuk mencapai beragam audiens dan mendapatkan pengakuan luas. Setelah sukses dalam musik, langkah-langkah strategis melibatkan interaksi dengan audiens, pembuatan konten yang konsisten, saling promosi, dan optimalisasi lagu di platform streaming. Penelitian ini mengukur efek penambahan musik latar di TikTok terkait dengan jumlah pemutaran (play count). Dalam penelitian ini, kami juga mengukur audio Feature untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang musik. Hal ini membantu produser musik atau label rekaman memahami genre atau gaya musik yang populer di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan web scraper yang disesuaikan dengan wilayah Indonesia. Dalam penelitian kami, kami mengumpulkan 10.255 video dari bagian tren TikTok dan melakukan uji korelasi dan regresi linear. Dari data yang dikumpulkan selama periode 10 hari. Selain itu, interaksi pengguna masih memainkan peran utama dalam meningkatkan jumlah tampilan (views) dari konten, durasi musik konten umumnya kurang dari 60 detik. Di antara variabel fitur audio, secara statistik diobservasi bahwa mereka tidak secara signifikan ? berkontribusi untuk memprediksi jumlah tampilan di TikTok. Satu-satunya fitur yang signifikan dalam hal ini adalah Liveness dan Speechiness.