ABSTRAK Zavier Gambetta M Ghifari
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini berfokus pada Selamat Pagi Group, sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM) di industri musik Indonesia, menghadapi tantangan dalam mengembangkan
strategi pemasaran yang efektif sesuai dengan tahapan pertumbuhan perusahaan. Terutama
dalam memperkuat kehadiran pasar dan mempromosikan merek melalui media sosial,
Selamat Pagi Group menunjukkan kebutuhan akan strategi pemasaran yang adaptif dan
dinamis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menerapkan strategi
yang tidak hanya mempertahankan, tetapi juga meningkatkan posisi kompetitif Selamat Pagi
Group dalam industri yang sangat kompetitif.
Tahap awal penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari 98 UMKM beragam industri
melalui kuesioner, untuk menguji karakteristik strategi bisnis dan pemasaran. Tujuannya
adalah memahami bagaimana berbagai strategi pemasaran diterapkan oleh UMKM sesuai
dengan tahapan pertumbuhan mereka. Tahap kedua fokus pada penerapan teori dan wawasan
dari tahap pertama untuk mengembangkan strategi pemasaran yang spesifik dan efektif bagi
Selamat Pagi Group. Ini melibatkan penggunaan analisis SWOT dan gap analysis, serta studi
literatur untuk menyesuaikan strategi dengan kondisi dan kebutuhan spesifik Selamat Pagi
Group, terutama dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka sesuai dengan fase
pertumbuhan organisasi.
Hasil penelitian ini mengungkap bahwa ada beberapa perbedaan antara karakteristik strategi
bisnis dan pemasaran yang sebelumnya diakui dengan temuan baru yang diperoleh.
Diitemukan juga bahwa strategi pemasaran Selamat Pagi Group belum sepenuhnya sesuai
dengan tahapan pertumbuhan mereka. Hal ini terutama terlihat dari belum optimalnya
pemanfaatan media sosial dan pelaksanaan strategi pengenalan merek oleh Selamat Pagi
Group. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi
pemasaran yang disesuaikan, dengan fokus utama pada pemanfaatan media sosial,
khususnya TikTok. Strategi ini dirancang berdasarkan empat faktor utama yang
diidentifikasi melalui studi literatur: waktu posting, penggunaan hashtag, interaksi penonton,
dan penggunaan suara dalam konten. Implementasi strategi pemasaran yang dirancang ini
berhasil meningkatkan engagement di TikTok secara signifikan, dengan peningkatan hingga
2228%.