digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Novi S. Triyanti
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Dalam meningkatkan penghasilan, seorang individu atau suatu perusahaan akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan keuntungna yang maksimal bagi bisnis atau usaha mereka. Banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dalam bisns. Salah satu cara agar dapat meningkatkan keuntungan yaitu dengan cara melakukan kegiatan promosi. Dengan promosi, pelaku usaha akan mengeluarkan sejumlah biaya agar mendapatkan return yang lebih dari biaya yang dikeluarkan. Pengeluaran biaya tersebut dapat dikatakan sebagai bentuk investasi yang memiliki return dengan tingkat risiko masingmasing. Dalam mengoptimalkan masalah tersebut, maka model Markowitz merupakan model yang dapat diiplementasikan dalam permaslahan ini. Model Markowitz ini tidak hanya dapat mengoptimalkan return yang maksimal dengan risiko yang diinginkan, tetapi model Markowitz dapat juga mengoptimalkan risiko yang minimum dengan return yang diinginkan. Model ini juga dapat diaplikasikan dalam bidang penjualan, tentunya dengan model Markowitz yang sudah dimodifikasi. Modifikasi model Markowitz dalam bidang bisnis diharapkan dapat membantu pelaku bisnis dalam menentukan alokasi biaya promosi sehingga mereka dapat memperoleh return yang maksimal. Data yang digunakan berupa 4 SKU (Stock Keeping Unit) dengan jumlah barang yang berbeda. Dari keempat SKU yang digunakan kombinasi yang optimal diperoleh dengan melibatkan barang pada kategori Low untuk SKU pertama dan kategori High pada SKU ketiga.