digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TA PP ANDREA SHARON 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Anak-anak dengan autisme memiliki gangguan pada bidang komunikasi serta pada bidang perasaan/emosi. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan untuk mengetahui apa yang orang lain sedang rasakan hingga tidak dapat mencerna sebuah situasi secara emosional. Interaksi-interaksi sosial dapat menjadi bahan pembelajaran mereka karena adanya hubungan sebab-akibat yang merupakan salah satu kelemahan mereka. Perancangan ini dilakukan menghasilkan buku anak untuk membantu anak-anak dengan ASD untuk belajar akan jenis-jenis emosi yang seringkali mereka rasakan namun tidak mereka ketahui. Buku anak yang dirancang menggabungkan elemenelemen yang menarik secara visual, seperti ilustrasi yang hidup dan fitur-fitur interaktif. Secara umum, anak-anak autisme menyukai penggambaran yang terkesan berlebihan serta memiliki fokus yang mudah sekali terdistraksi. Oleh karena itu, penekanannya ditempatkan pada penciptaan narasi yang secara eksplisit mengeksplorasi berbagai macam emosi, mengurangi adanya kiasan ataupun anologi, serta menggunakan karakter dan skenario yang berhubungan untuk meningkatkan pemahaman dan resonansi emosional.