COVER Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang telah mengadaptasi
praktik rekrutmen dan seleksi online untuk keperluan program magangnya
menggunakan suatu website bernama Digital Touch Point (DTP) Internship versi
2.0. Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa permasalahan usability yang
dialami oleh pengguna selama menggunakan website DTP Internship versi 2.0.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari website DTP Internship
versi 2.0 dan menentukan usulan perbaikan yang dapat meningkatkan usability dari
website ini.
Evaluasi usability dilakukan dengan metode usability testing melalui performance
measurement dan Concurrent Think Aloud (CTA) kepada 20 partisipan yang dibagi
menjadi dua kelompok berdasarkan pengalaman penggunaan website tersebut.
Evaluasi juga dilakukan menggunakan metode usability inquiry melalui pemberian
tiga kuesioner kepada partisipan yakni, Single Ease Questionnaire (SEQ) untuk
mengetahui kepuasan pengerjaan setiap tugas, System Usability Scale (SUS) untuk
mengetahui kepuasan secara keseluruhan, dan Questionnaire for User interface
Satisfaction (QUIS) untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap aspek-aspek
usability dari website tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika ditinjau per tugas, usability website
DTP Internship versi 2.0 dapat dikatakan sudah cukup baik karena mayoritas dari
tugas yang diujikan telah efektif, efisien, dan memuaskan. Namun, jika ditinjau dari
penggunaannya pada kondisi riil, di mana ketikdakberhasilan pada suatu tugas akan
mengakibatkan pengguna gagal dalam melanjutkan proses rekrutmen dan seleksi
magang karena tugas-tugasnya yang bersifat sekuensial, efektivitas dalam
memfasilitasi proses rekrutmen dan seleksi masih rendah, yakni hanya sebesar
20,35%. Untuk itu, diberikan 23 usulan perbaikan untuk mengatasi permasalahan
yang ada dan meningkatkan usability dari website DTP Internship versi 2.0.