digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Chyntia Novitasari Suardy
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang telah mengadaptasi praktik rekrutmen dan seleksi online untuk keperluan program magangnya menggunakan suatu website bernama Digital Touch Point (DTP) Internship versi 2.0. Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa permasalahan usability yang dialami oleh pengguna selama menggunakan website DTP Internship versi 2.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari website DTP Internship versi 2.0 dan menentukan usulan perbaikan yang dapat meningkatkan usability dari website ini. Evaluasi usability dilakukan dengan metode usability testing melalui performance measurement dan Concurrent Think Aloud (CTA) kepada 20 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan pengalaman penggunaan website tersebut. Evaluasi juga dilakukan menggunakan metode usability inquiry melalui pemberian tiga kuesioner kepada partisipan yakni, Single Ease Questionnaire (SEQ) untuk mengetahui kepuasan pengerjaan setiap tugas, System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui kepuasan secara keseluruhan, dan Questionnaire for User interface Satisfaction (QUIS) untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap aspek-aspek usability dari website tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika ditinjau per tugas, usability website DTP Internship versi 2.0 dapat dikatakan sudah cukup baik karena mayoritas dari tugas yang diujikan telah efektif, efisien, dan memuaskan. Namun, jika ditinjau dari penggunaannya pada kondisi riil, di mana ketikdakberhasilan pada suatu tugas akan mengakibatkan pengguna gagal dalam melanjutkan proses rekrutmen dan seleksi magang karena tugas-tugasnya yang bersifat sekuensial, efektivitas dalam memfasilitasi proses rekrutmen dan seleksi masih rendah, yakni hanya sebesar 20,35%. Untuk itu, diberikan 23 usulan perbaikan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan meningkatkan usability dari website DTP Internship versi 2.0.