digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Fidruzal Fahlevi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan teknologi internet dan pertumbuhan pengguna internet yang meningkat secara signifikan menyebabkan persaingan antar lingkungan bisnis juga turut meningkat, terkhususnya pada bidang marketing atau pemasaran. Sebagai salah satu perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) terbesar di provinsi Sumatera Barat, CV Multirejeki Selaras yang sedang menghadapi tantangan pada bidang marketing tersebut mulai mengembangkan website Asri, yaitu website pemesanan produk yang diharapkan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Akan tetapi, prototipe website belum pernah dilakukan evaluasi atau pengujian kepada target pengguna, serta berdasarkan uji coba dengan pihak internal perusahaan, masih terdapat beberapa kesulitan dalam menjalankan berbagai fitur pada prototipe website Asri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability prototipe website Asri dengan melakukan evaluasi usability pada fitur pencarian informasi, pemesanan sebagai pengguna biasa, pendaftaran akun, pemesanan sebagai distributor, pengecekan status, dan pelaporan komplain. Evaluasi usability secara formatif dilakukan dengan mengukur performansi website menggunakan parameter efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna, serta dengan pendekatan retrospective think aloud (RTA). Evaluasi dilakukan kepada dua puluh orang partisipan dengan pengalaman menggunakan perangkat digital yang dibagi atas dua faktor pengelompokkan, yaitu berdasarkan generasi dan jenis kelamin. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh fitur yang diujikan dapat dikatakan efektif karena memiliki persentase keberhasilan lebih dari 70%. Akan tetapi, fitur pemesanan produk sebagai distributor belum dapat dikatakan efisiens karena waktu penyelesaian dan frekuensi kesalahan yang berbeda signifikan antar kelompok generasi, begitu juga pada fitur pemesanan produk sebagai pengguna biasa yang memiliki frekuensi kesalahan berbeda signifikan antar kelompok jenis kelamin. Hasil penilaian Questionnaire for User Interaction Satisfaction (QUIS) dengan rata-rata nilai 7.92 menunjukkan partisipan sudah cukup puas dengan performansi fitur secara keseluruhan. Dengan menggunakan pendekatan RTA untuk menemukan masalah dan metode concept generation untuk merancang usulan perbaikan, dihasilkan 26 usulan perbaikan untuk meningkatkan usability prototipe website Asri.