digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Alvina Rosabella Bambang
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia kehilangan permintaan dan mengalami penurunan omzet. Salah satu cara yang dapat membantu UMKM untuk bertahan adalah dengan bertransformasi digital, contohnya dengan berjualan di marketplace. PT X merupakan perusahaan teknologi informasi yang menyediakan produk price comparison dan dashboard wawasan marketplace untuk non-UMKM. PT X ingin membantu pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi dan mengembangkan usahanya dengan cara menghadirkan dashboard wawasan marketplace untuk UMKM. Namun, PT X belum memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan pelaku UMKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dashboard wawasan marketplace yang sesuai untuk pelaku UMKM. Rancangan dashboard wawasan marketplace untuk UMKM dikembangkan menggunakan metode design thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Selain itu, rancangan dashboard juga menerapkan konsep gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan dan minat pengguna untuk berlangganan dashboard. Empathize dilakukan dengan wawancara mendalam. Penentuan prioritas masalah pada tahap define dan pengembangan solusi pada tahap ideate dilakukan dengan aktivitas Lightning Decision Jam. Rancangan dashboard dikembangkan dalam bentuk clickable prototype. Tahap test dilakukan dengan usability testing dan pengisian kuesioner User Engagement Scale (UES). Berdasarkan hasil usability testing, purwarupa dashboard terbukti lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna dibandingkan dengan dashboard eksisting. Pengguna juga lebih terlibat dengan purwarupa dashboard, meskipun nilai UES tidak berbeda secara signifikan. Secara umum, dashboard wawasan marketplace yang sesuai untuk pelaku UMKM adalah dashboard yang menarik, mudah untuk dimengerti dan digunakan, menyediakan edukasi, serta memberi wawasan mengenai kompetitor dan penjualan di marketplace.