digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Agro Meat Shop sebagai toko retail yang menjual produk daging melihat peluang potensial dari turunnya eksistensi pasar tradisonal di perkotaan dalam memenuhi kebutuhan pokok khususnya daging. Melalui nilai-nilai yang dibangun seperti fresh, halal, higienis, dan konsep rantai pasok yang terintegrasi dengan peternakan sendiri digunakan untuk membentuk perasaan nyaman dan pengalaman berbelanja daging yang berbeda. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk mendapatkan segmen pasar yang loyal, yang tidak hanya berorientasi pada harga, tetapi juga lebih kuat dan terikat dengan nilai-nilai yang diberikan. Pada perjalanannya, Agro Meat Shop mengalami kendala dalam mencapai target penjualan yang hanya mencapai 66,63% pada tahun 2021 dan 77,44% pada tahun 2022. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang akan memperbaiki strategi marketing dari model bisnis yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor signifikan yang akan mempengaruhi pengalaman di dalam toko di Agro Meat Shop, akar permasalahan internal dan eksternal, dan menyediakan solusi strategi pemasaran berdasarkan akar permasalahan yang terjadi. Kondisi internal usaha akan ditelaah melalui VRIO analysis, marketing mix analysis, and STP analysis. Sedangkan pada lingkungan eksternal yang mempengaruhi bisnis melalui analisis PESTEL, competitor analysis, dan last consumer analysis. Berdasarkan analisis faktor yang mempengaruhi pengalaman pelanggan di dalam toko adalah aspek afektif, persepsi kualitas produk, dan pengalaman sosial dengan karyawan dan ditemukan bahwa faktor kognitif tidak berpengaruh secara signifikan dimana isu ini perlu menjadi perhatian bagi Agro Meat Shop dan dipertimbangkan untuk diperbaiki. Dari temuan analisis tersebut dilakukan analisis permasalahan dan ditemukan beberapa akar penyebab. Selanjutnya, dibuatkan beberapa solusi berdasarkan akar permasalahan dan rekomendasi untuk memperbaiki dan meningkatkan aspek kognitif dalam pengalaman berbelanja, yaitu: (1) Mempekerjakan & meningkatkan orang pemasaran; (2) Mekanisme desain program pemasaran; (3) Meningkatkan kesadaran berbelanja di Agro Meat Shop melalui komunikasi pemasaran; (4) Prosedur operasi standar dan pedoman komunikasi untuk layanan; (5) Studi banding untuk inspirasi tampilan kreatif untuk meningkatkan kualitas persepsi produk; (6) Suasana toko yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan dampak yang dirasakan dari faktor afektif; (7) Diversifikasi produk pelengkap; (8) Demo memasak dan kampanye bundling produk; (9) Pendekatan pemasaran khusus untuk akuisisi generasi muda; (10) Strategi tampilan produk yang imersif melibatkan pengintegrasian penceritaan ke dalam tampilan; (11) Tempat pencicipan produk masakkan daging untuk lebih melibatkan pelanggan dalam mengeksplorasi rasa dan tekstur; (12) Koneksi komunitas (resep, acara yang disumbangkan pelanggan)