digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Naufal Rizqy Albana
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Naufal Rizqy Albana
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - NAUFAL RIZQY ALBANA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Flutter terjadi karena adanya ketidakstabilan dinamik akibat interaksi antara gaya-gaya aerodinamika, elastisitas, dan inersia yang dapat menyebabkan kegagalan struktur. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis flutter pada perancangan pesawat terbang. Analisis flutter dapat dilakukan baik pada model skala penuh mapun model skala kecil (model terowongan angin). Pada penelitian ini, dilakukan analisis komputasional untuk dinamika struktur dan flutter pada rancangan model terowongan angin sayap pesawat tempur dengan konfigurasi struktur konvensional dan anisogrid. Struktur anisogrid merupakan konsep perancangan struktur berbentuk petak-petak (grid) yang memiliki sifat mekanik berbeda di setiap arah (anisotropic). Sayap model terowongan angin dibuat berdasarkan geometri dari penelitian sebelumnya, spesifikasi terowongan angin, dan kemampuan mencetak 3D printer yang tersedia. Analisis dinamika struktur dari rancangan model terowongan angin pada kedua konfigurasi struktur menghasilkan natural frequency yang relatif sama dan modus getar yang mirip. Selain itu, kecepatan flutter hasil analisis komputasional dari rancangan model terowongan angin sayap pesawat tempur dengan konfigurasi struktur konvensional dan anisogrid berturut-turut adalah sebesar 270 m/s dan 280 m/s.