digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Annissa Karni - 19215002 - Final Project.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah salah satu kunci utama dalam pertumbuhan ekonomi. UMKM memiliki peran yang penting dalam perekomonian. Salah satu potensial aspek yang dimiliki kota Bandung adalah bisnis fesyen yang didukung oleh ketersediaan bahan baku, sumber daya manusia beserta komunitas fesyen. Saat ini, banyak sekali usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk barunya adalah dengan membuat kepedulian akan brand diantara target market melalui event. Pemasaran melalui event merupakan peluang untuk perusahaan dalam memperluas pasar serta menciptakan kontak langsung dengan pelanggan melalui festival, pameran, event olahraga yang dapat menghasilkan pengalaman yang mudah diingat. UMKM dapat menggunakan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan kepedulian brandnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh event terhadap kepedulian brand terhadap pelanggan dari industri fashion sekaligus memberikan rekomendasi. Hasilnya, event sebagai salah satu strategi pemasaran memiliki dampak positif terhadap kepedulian brand. Hal yang paling penting menurut pelanggan adalah event tersebut harus inovatif, memberikan keuntungan terhadap pelanggan, serta dapat memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Penelitian ini dapat digunakan untuk para pemasar dan pemilik bisnis untuk mengetahui pengaruh event sebagai strategi marketing untuk membuat pelanggan peduli terhadap sebuah brand. Peneliti berharap, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat strategi da merancang event yang baik untuk dapat diimplementasikan.