digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Sebastian Maxiliano B W
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Sebastian Maxiliano B W
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Sebastian Maxiliano.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan industri otomotif di Indonesia menunjukkan perkembangan yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya dukungan dari pemerintah untuk mengikuti era elektrifikasi internasional. Banyak sekali universitas yang turut menciptakan purwarupa kendaraan elektrik namun pengembangan purwarupa tersebut hanya mengutamakan pengembangan powertrain-nya saja di mana karakteristik handling dari purwarupa kendaraan tidak kalah penting. Cara untuk mengetahui karakteristik handling dan manuver kendaraan roda empat adalah dengan melakukan pengujian single lane change dan pengujian constant steeringwheel angle. Pengujian ini dilakukan dengan meletakkan sensor WitMotion HWT901B TTL pada pusat massa kendaraan yang diuji. Setelah data hasil pengujian didapatkan, data ini dibandingkan dengan hasil simulasi menggunakan Matlab dan Simulink juga teori buku untuk mengetahui karakteristik handling kendaraan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik handling dan manuver dari Toyota Corolla Cross memiliki kriteria understeer sesuai dengan harapan terkait kendaraan penumpang pada umumnya dan juga karakteristik manuver yang sesuai dengan teori dan hasil simulasi single lane change. Sebagaimana hasil analisis tersebut juga dapat menjadi SOP untuk menganalisis karakteristik handling dan manuver dari kendaraan lain.