digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya jumlah pengusaha di Indonesia cukup cepat, pemerintah mengerahkan upaya untuk meningkatkan jumlah dengan beberapa strategi, salah satunya membuat koneksi ke universitas di Indonesia, salah satunya adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Bandung. Teknologi, ada program studi kewirausahaan di dalamnya yang mengharuskan siswa memiliki bisnis dari perguruan tinggi, salah satu bidang bisnisnya adalah bisnis berbasis teknologi makanan dan minuman. Ada semangat dan motivasi siswa dalam menjalaninya, dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui apakah faktor motivasi siswa dalam menjalankan bisnis teknologi makanan dan minuman. dengan menggunakan teori Motivasi Siswa dalam Melakukan Bisnis dari Siswadi pada tahun 2014 yang mengkategorikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam melakukan bisnis dari faktor internal, eksternal dan pendidikan dan pembelajaran. dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penulis ini menggunakan pengumpulan data menggunakan metode data kualitatif dengan melakukan uji coba, wawancara, dan diskusi kelompok fokus dalam penelitiannya. Analisis data dianalisis melalui analisis isi. Hasil analisis ini adalah faktor eksternal yang merupakan faktor terkuat dalam pengaruh siswa dalam menjalankan bisnis, untuk faktor internal dan faktor pendidikan dan pembelajaran, terdapat sub-indikator yang tidak mempengaruhi motivasi mereka dalam melakukan bisnis. ada motivasi berprestasi di kelas tentu saja dan juga Pengembangan indikator pembelajaran dan pelatihan sub indikator untuk pelatihan, karena masih tidak diperlukan saat ini menurut semua responden penulis. Kata kunci: Bisnis Makanan dan Minuman, Motivasi Siswa dalam Melakukan Bisnis, Faktor Motivasi