digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rezkita Syarihna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Personafic for Men merupakan sebuah skincare brand yang khusus menyediakan produk perawatan kulit untuk pria. Personafic telah berdiri sejak Januari 2022 dengan target pasarnya adalah laki-laki berusia 18-34 tahun yang memiliki perhatian khusus terhadap kondisi wajah dan berdomisili di Indonesia. Dari data transaksi dapat dilihat bahwa nilai customer retention rate (CRR) Personafic for Men setiap bulannya masih berada di bawah rata-rata CRR industri retail (63%). Salah satu tujuan Personafic saat ini adalah meningkatkan pendapatan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengelola pelanggan lama. Maka dari itu tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang usulan strategi retensi pelanggan bagi Personafic for Men. Segmentasi terhadap pelanggan lama Personafic for Men dilakukan dengan metode recency, frequency, monetary dengan algoritma K-means++ untuk menentukan karakteristik segmen pelanggan paling bernilai. Model penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang memengaruhi intensi pembelian kembali produk skincare pada target pasar Personafic. Pada model penelitian yang berdasar pada model theory of planned behavior (TPB) ini terdapat delapan variabel konstruk yang diuji, yaitu service quality, delivery quality, product characteristics, perceived price, social media marketing, perceived value, customer satisfaction, dan brand loyalty. Pengumpulan data dilakukan dengan metode online survey menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui forum diskusi terkait kecantikan dan perawatan tubuh di beberapa media sosial. Metode utama yang digunakan pengolahan data ini adalah partial least square – structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil pengolahan data menunjukkan intensi pembelian kembali dipengaruhi oleh lima konstruk, yaitu service quality, social media marketing, product characteristics, perceived value, dan customer satisfaction.Tiga usulan strategi retensi pelanggan yang dirancang adalah pemanfaatan media sosial untuk memasarkan informasi produk yang mudah diakses oleh pelanggannya, penekanan informasi kandungan dalam produk Personafic dan klaim manfaat penggunaan produk skincare pada kegiatan pemasarannya, serta pembuktian kredibilitas merek dan produk Personafic.