ABSTRAK Rezkita Syarihna
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Personafic for Men merupakan sebuah skincare brand yang khusus menyediakan produk
perawatan kulit untuk pria. Personafic telah berdiri sejak Januari 2022 dengan target
pasarnya adalah laki-laki berusia 18-34 tahun yang memiliki perhatian khusus terhadap
kondisi wajah dan berdomisili di Indonesia. Dari data transaksi dapat dilihat bahwa nilai
customer retention rate (CRR) Personafic for Men setiap bulannya masih berada di bawah
rata-rata CRR industri retail (63%). Salah satu tujuan Personafic saat ini adalah
meningkatkan pendapatan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya
adalah mengelola pelanggan lama. Maka dari itu tujuan utama dari penelitian ini adalah
merancang usulan strategi retensi pelanggan bagi Personafic for Men.
Segmentasi terhadap pelanggan lama Personafic for Men dilakukan dengan metode recency,
frequency, monetary dengan algoritma K-means++ untuk menentukan karakteristik segmen
pelanggan paling bernilai. Model penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja
yang memengaruhi intensi pembelian kembali produk skincare pada target pasar Personafic.
Pada model penelitian yang berdasar pada model theory of planned behavior (TPB) ini
terdapat delapan variabel konstruk yang diuji, yaitu service quality, delivery quality, product
characteristics, perceived price, social media marketing, perceived value, customer
satisfaction, dan brand loyalty. Pengumpulan data dilakukan dengan metode online survey
menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui forum diskusi terkait kecantikan dan
perawatan tubuh di beberapa media sosial. Metode utama yang digunakan pengolahan data
ini adalah partial least square – structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil
pengolahan data menunjukkan intensi pembelian kembali dipengaruhi oleh lima konstruk,
yaitu service quality, social media marketing, product characteristics, perceived value, dan
customer satisfaction.Tiga usulan strategi retensi pelanggan yang dirancang adalah
pemanfaatan media sosial untuk memasarkan informasi produk yang mudah diakses oleh
pelanggannya, penekanan informasi kandungan dalam produk Personafic dan klaim manfaat
penggunaan produk skincare pada kegiatan pemasarannya, serta pembuktian kredibilitas
merek dan produk Personafic.