ABSTRAK Sekar Kedaton
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan digitalisasi saat ini berdampak luas terhadap berbagai aspek kehidupan.
Perkembangan tersebut membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan. Peluang ini
turut dimanfaatkan oleh digital company dengan menciptakan marketplace pertanian.
Penciptaan marketplace pertanian bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pada sektor
pertanian. Namun, proses perkembangan bisnis marketplace pertanian mengalami kendala
pada revisit intention dan repeat order pelanggan. Kendala ini menyebabkan penurunan
intensi pengguna layanan dari waktu ke waktu. Belum adanya evaluasi terhadap kendala
tersebut menyebabkan keberadaannya terus berlanjut.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan intensi pelanggan dengan mengembangkan
layanan aplikasi marketplace pertanian. Proses penelitian diawali dengan menentukan
variabel berpengaruh yang akan dibangun dalam model penelitian. Model acuan yang
digunakan adalah model-model terkait bagaimana intensi pelanggan dibangun dan
dipengaruhi oleh variabel-variabel tersebut. Variabel eksogen pada penelitian ini yaitu social
responsibility, customer trust, customer satisfaction, perceived service quality, perceived
system quality, dan perceived information quality. Kemudian variabel endogen pada
penelitian ini adalah customer loyalty.
Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah partial least square
structural equation modelling (PLS-SEM). Target responden yang dituju yaitu wanita di
Kota Bandung berusia 20-39 tahun. Pengumpulan data dilakukan pada setiap kecamatan di
Kota Bandung dan diperoleh data dari 298 responden. Hasil pengolahan data menunjukkan
bahwa hubungan antarvariabel yang dihipotesiskan dalam penelitian ini adalah signifikan.
Hasil signifikansi hubungan antarvariabel digunakan dalam proses perumusan rancangan
pengembangan layanan aplikasi marketplace pertanian. Perancangan akan berfokus pada
variabel dengan nilai strength path coeffient tertinggi yaitu variabel perceived system quality.
Hasil rancangan tersebut yakni pengembangan fitur umpan balik, sistem pemantauan
performa layanan aplikasi, dan sistem pembersihan cache serta network signal booster.
Selanjutnya, dilakukan identifikasi faktor fisibilitas sebagai pertimbangan kualitatif usulan
rancangan pengembangan layanan aplikasi marketplace pertanian.