digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800








2022_TS_PP_DHYANA_HANIFIANTI_HANDIZAR_DAFUS.pdf
EMBARGO  2026-09-14 

2022_TS_PP_DHYANA_HANIFIANTI_HANDIZAR_LAMPIRAN.pdf
EMBARGO  2026-09-14 

Perkembangan sektor dunia pariwisata saat ini berfokus pada mobilitas yang tinggi dan terkoneksi, sehingga muncul jenis wisatawan baru yaitu digital nomad yang saat ini terus berkembang di seluruh dunia. Pulau Bali merupakan destinasi yang paling popular di antara para digital nomad, khususnya Canggu yang destinasi nomor satu bagi wisatawan digital nomad. Selain memenuhi kebutuhan konektivitas bagi para digital nomad, kondisi alam Canggu yang dikelilingi oleh pantai dan persawahan merupakan lokasi yang ideal bagi para digital nomad. Untuk mempertahankan posisi Canggu sebagai destinasi utama bagi para digital nomad, diperlukan keunggulan kompetitif Canggu sebagai destinasi. Dalam mengembangan keunggulan kompetitif maka membangun loyalitas destinasi merupakan hal yang krusial di mana hal tersebut merupakan dasar dari keberlanjutan suatu destinasi pariwisata. Dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas destinasi maka diperlukan untuk dilakukan evaluasi pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini akan berfokus pada pengaruh citra destinasi dan pengalaman wisatawan terhadap loyalitas destinasi di Canggu, Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan melakukan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh baik parsial maupun simultan dari citra destinasi dan pengalaman wisatawan digital nomad terhadap loyalitas destinasi mereka di Canggu, Bali. Di mana baik kondisi citra destinasi, pengalaman wisatawan, dan loyalitas destinasi berada pada posisi yang sangat baik. Meskipun masih terdapat ruang untuk dilakukan perbaikan khususnya dalam kondisi infrastruktur.