digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Sapto Nugroho
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Teori permainan adalah ilmu matematika yang mempelajari model interaksi strategis antara agen rasional dan berfokus pada studi masalah pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan bayaran atau apa yang didapat dari suatu pengambilan keputusan tersebut. Dengan demikian, teori permainan berperan dalam studi logika, komputer, ekonomi, dan lainnya. Permainan Mobile Online Battle Arena (MOBA) adalah jenis permainan strategi realtime dimana terdapat dua tim berlawanan yang masing-masing terdiri dari lima pemain akan mengambil peran sebagai satu karakter dan bekerja sama untuk mengalahkan tim lawan. Untuk mengalahkan lawan, pemain dituntut untuk memikirkan berbagai keputusan strategi yang lebih unggul daripada tim atau pemain lawan dengan situasi yang ada. Pemilihan keputusan strategi pada MOBA berdasarkan aspek yang sudah dibangun oleh permainan itu sendiri, beberapa aspek tersebut yang akan dibahas di tugas akhir ini adalah status dasar karakter, kemampuan aktif karakter, item, target karakter berdasarkan klasifikasi karakter. Kombinasi dari berbagai hal tersebut dapat mempengaruhi situasi permainan dan merupakan hal umum untuk dipertimbangkan dalam permainan ini. Pada tugas akhir ini, dibuat model matematika sistem pertarungan permainan MOBA ditinjau dari teori permainan dengan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemain yang rasional. Model tersebut mencakup pendefinisian objek karakter pada permainan yang terdiri dari aspek yang telah disebutkan, preferensi target karakter berdasarkan hubungan kuat-lemah antar klasifikasi karakter pada permainan, dan simulasi pertarungan antar kumpulan karakter sebagai tim dengan hasil tim yang bertahan merupakan kumpulan karakter yang lebih unggul.