digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Esai ini mempelajari bagaimana keterlibatan hashtag mempengaruhi kesadaran merek kecantikan Indonesia. Sektor perawatan kulit dan kecantikan Indonesia yang semakin berkembang membuat merek-merek lokal bersaing. Merek yang kuat dan kesadaran merek menarik pelanggan. Di era digital saat ini, berbagai media sosial dan fitur-fiturnya dapat meningkatkan eksposur bisnis, tetapi memilih platform yang salah akan memakan waktu dan uang. Kuesioner survei kuantitatif digunakan. SPSS melakukan regresi linier sederhana pada 215 jawaban kuesioner sambil menganalisis data survei secara deskriptif. Kemudian, partisipasi hashtag meningkatkan brand awareness bisnis kecantikan Indonesia dengan pengaruh sedang. Survei tersebut juga menemukan tagar yang menarik minat klien terhadap merek kosmetik Indonesia. Tagar yang paling efektif untuk pengenalan merek adalah bahasa Inggris, orisinal, dan tajam. Penelitian menunjukkan perlunya memilih tagar yang efektif yang sesuai dengan citra merek untuk meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek.