
2023_TS_PP_Cynthia Anastasia Nadia 29121424_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Ekonomi digital telah menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa yang dipicu oleh
pandemi, dengan banyak bisnis memperluas operasi mereka di lingkungan digital.
Ekonomi digital Indonesia mencapai $ 77 miliar pada tahun 2022 dan
diproyeksikan mencapai sekitar $ 130 miliar pada tahun 2025, didorong oleh
pertumbuhan e-commerce dan layanan on-demand. Namun, keprihatinan muncul
karena banyak startup yang menjadi perusahaan publik tanpa mencapai
profitabilitas, memunculkan pertanyaan tentang keberlanjutan keuangan jangka
panjang mereka. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. adalah startup Indonesia yang
menjadi perusahaan publik pada bulan April 2022. Namun, pada bulan Desember
tahun yang sama, harga sahamnya mengalami penurunan yang signifikan hingga
lebih dari 70%. Untuk mengatasi tantangan ini dan mengeksplorasi peluang,
penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi potensial untuk
meningkatkan profitabilitas GoTo, menentukan cara mengimplementasikan
strategi tersebut, menilai nilai intrinsik perusahaan, dan menganalisis risiko
terkait. Proses perancangan penelitian dimulai dengan mengidentifikasi masalah
bisnis, berfokus pada masalah profitabilitas GoTo. Pertanyaan penelitian
dirumuskan untuk mengeksplorasi strategi meningkatkan profitabilitas, memahami
nilai intrinsik perusahaan, dan menilai risiko. Tinjauan literatur dilakukan untuk
membangun dasar teoretis, diikuti oleh pengumpulan data. Lingkungan bisnis
eksternal dan internal dianalisis. Analisis ini menjadi dasar untuk mengidentifikasi
strategi potensial dan melakukan analisis risiko dan proyeksi keuangan. Proyeksi
keuangan memainkan peran penting dalam menilai nilai perusahaan, dan dalam
penelitian ini, metode Aliran Kas Tertimbang Digunakan berdasarkan proyeksi
laporan laba rugi dan arus kas. Analisis ini mengungkapkan bahwa integrasi
horizontal melalui merger dan akuisisi memiliki potensi terbesar untuk
meningkatkan profitabilitas GoTo. Dengan mengejar strategi ini, GoTo dapat
meningkatkan posisi kompetitif, memperluas jangkauan pasar, dan memanfaatkan
sinergi. Untuk mencapai hal ini, GoTo harus mengutamakan pertumbuhan
pendapatan yang berkelanjutan, investasi strategis, dan manajemen biaya yang
ketat. Strategi efektif dalam mengurangi biaya sangat penting untuk meminimalkan
ketidakefisienan keuangan dan mencapai nilai-nilai yang diharapkan.