ABSTRAK Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Ikhsan Zumardi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Tribologi sebagai konsep interdisipliner mempelajari gesekan, keausan, dan
pelumasan. Fenomena keausan dalam jangka waktu yang panjang merupakan salah satu isu
penting dalam dunia industri, dengan bentuk paling umumnya yang berupa mekanisme
keausan abrasif. Keausan akibat keberadaan partikel keras yang terperangkap di antara
permukaan-permukaan yang berinteraksi disebut sebagai kondisi keausan abrasif three-body,
dan terjadi pada paduan aluminium seperti A356 yang umumnya digunakan sebagai material
dasar blok silinder mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh jenis
pelumas, jenis serbuk abrasif, dan rasio serbuk abrasif terhadap pelumas serta untuk
menentukan faktor yang paling berpengaruh dalam menyebabkan keausan abrasif pada
paduan aluminium A356.
Pengujian aus dilakukan menggunakan alat pin-on-disk pada kondisi tanpa pelumas,
dengan pelumas, serta dengan pelumas dan serbuk abrasif untuk memperoleh hasil dalam
bentuk data pengurangan massa akibat keausan abrasif. Pengamatan visual terhadap bekas
aus dan metode OES juga dilakukan untuk membantu analisis dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari pengujian aus menunjukkan bahwa pelumas dengan viskositas yang lebih
tinggi, serbuk abrasif yang lebih keras dan lebih besar, serta rasio serbuk abrasif terhadap
pelumas yang lebih tinggi menyebabkan pengurangan massa dan tingkat keausan yang lebih
tinggi. Faktor yang paling berpengaruh dalam menyebabkan keausan abrasif secara berurutan
adalah jenis serbuk abrasif, rasionya terhadap pelumas, dan jenis pelumas yang digunakan.