digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Christian Gunawan [13519199].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pengembangan model pembelajaran metode scrum dengan gamifikasi menggunakan permainan papan kapal perang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran metode Scrum dan mengeksplorasi apakah ini dapat menjadi alternatif yang efektif dan menyenangkan dibandingkan metode pembelajaran teoritis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan survei yang diisi oleh dua puluh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gamifikasi melalui permainan papan kapal perang dalam pembelajaran metode Scrum dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman subjek penelitian tentang metode Scrum, serta meningkatkan keterlibatan dan interaksi mereka dalam proses pembelajaran. Hasil dari kesimpulan ini didukung dengan perhitungan menggunakan uji normalitas pada data dan uji nonparametrik untuk untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil dari uji normalitas dan uji nonparametrik mendukung kesimpulan bahwa penggunaan gamifikasi melalui permainan papan kapal perang dalam pembelajaran metode Scrum memberikan perbedaan yang signifikan dan positif dalam peningkatan pengetahuan, pemahaman, serta keterlibatan para pemain. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan gamifikasi melalui permainan papan kapal perang dalam pembelajaran metode Scrum dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.