digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

23521004 Ricky Yuliawan.pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Sumber belajar terbuka yang saat ini populer adalah OpenCourseWare yang dapat diakses secara gratis oleh siapa pun melalui internet, namun masih banyak pelajar yang kurang tertarik untuk mengaksesnya karena kurangnya interaksi dan kesulitan dalam pengaksesan materinya. Penelitian ini mengembangkan OpenCourseWare untuk platform aplikasi gawai dengan menerapkan gamifikasi dan menggunakan pendekatan player-centered design yang dapat meningkatkan motivasi pengguna dalam menggunakannya dan lebih mudah dalam mengaksesnya. Penelitian ini menggunakan framework Design Research Methodology dan pendekatan player- centered design dengan pengujiannnya menggunakan System Usability Scale untuk mengukur kegunaan (usability) aplikasi dan Intrinsic Motivation Inventory untuk mengukur motivasi pengguna. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi gawai OpenCourseWare dengan menerapkan gamifikasi dan menggunakan pendekatan player-centered design dapat meningkatkan motivasi pengguna dan lebih mudah diakses. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi pengguna dan kemudahan dalam mengakses sumber belajar yang signifikan dari penggunaan aplikasi gawai OpenCourseWare. Persepsi pemelajar terhadap penggunaan aplikasi umumnya sangat positif dan bermanfaat.