Sumber belajar terbuka yang saat ini populer adalah OpenCourseWare yang dapat
diakses secara gratis oleh siapa pun melalui internet, namun masih banyak pelajar
yang kurang tertarik untuk mengaksesnya karena kurangnya interaksi dan kesulitan
dalam pengaksesan materinya. Penelitian ini mengembangkan OpenCourseWare
untuk platform aplikasi gawai dengan menerapkan gamifikasi dan menggunakan
pendekatan player-centered design yang dapat meningkatkan motivasi pengguna
dalam menggunakannya dan lebih mudah dalam mengaksesnya. Penelitian ini
menggunakan framework Design Research Methodology dan pendekatan player-
centered design dengan pengujiannnya menggunakan System Usability Scale untuk
mengukur kegunaan (usability) aplikasi dan Intrinsic Motivation Inventory untuk
mengukur motivasi pengguna. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi
gawai OpenCourseWare dengan menerapkan gamifikasi dan menggunakan
pendekatan player-centered design dapat meningkatkan motivasi pengguna dan
lebih mudah diakses. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi pengguna
dan kemudahan dalam mengakses sumber belajar yang signifikan dari penggunaan
aplikasi gawai OpenCourseWare. Persepsi pemelajar terhadap penggunaan aplikasi
umumnya sangat positif dan bermanfaat.