digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP OLIVIA HERLIN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Di era digital ini, gawai selalu memiliki inovasi terbaru untuk menarik masyarakat setiap tahunnya, terutama pada generasi muda. Dengan melalui gawai, segala hal dapat diwujudkan dengan mudah oleh para penggunanya. Hal tersebut yang membuat gawai, terutama smartphone selalu ada untuk menemani generasi muda kemana saja. Namun kemudahan yang disediakan tersebut membuat sebagian besar dari generasi muda Indonesia tidak dapat terlepas dari smartphone sehingga kecanduan gawai mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Generasi muda dapat menjadi tidak percaya diri karena mengikuti kriteria indah dalam sosial media, sulit bersosialisasi, lupa dengan lingkungan dan keluarga, bahkan mengalami perubahan perilaku dan mengalami rabun sejak usia dini. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang dapat digunakan untuk menyadarkan anak Indonesia bahwa ketergantungan pada gawai dapat menghilangkan identitas serta citra diri. Perancangan visual dalam buku dilakukan berdasarkan pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif sehingga menghasilkan dasar dari konsep perancangan buku interaktif. Dengan hasil perancangan buku cerita interaktif ini, diharapkan anak usia dini di Indonesia dapat lebih mengeksplorasi kehidupan di sekitarnya dan tidak hanya bergantung kepada gawai.