2023 TA PP OLIVIA HERLIN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Di era digital ini, gawai selalu memiliki inovasi terbaru untuk menarik masyarakat setiap
tahunnya, terutama pada generasi muda. Dengan melalui gawai, segala hal dapat diwujudkan
dengan mudah oleh para penggunanya. Hal tersebut yang membuat gawai, terutama
smartphone selalu ada untuk menemani generasi muda kemana saja. Namun kemudahan
yang disediakan tersebut membuat sebagian besar dari generasi muda Indonesia tidak dapat
terlepas dari smartphone sehingga kecanduan gawai mempengaruhi kehidupan sehari-hari.
Generasi muda dapat menjadi tidak percaya diri karena mengikuti kriteria indah dalam sosial
media, sulit bersosialisasi, lupa dengan lingkungan dan keluarga, bahkan mengalami
perubahan perilaku dan mengalami rabun sejak usia dini. Oleh karena itu, diperlukan strategi
yang dapat digunakan untuk menyadarkan anak Indonesia bahwa ketergantungan pada gawai
dapat menghilangkan identitas serta citra diri. Perancangan visual dalam buku dilakukan
berdasarkan pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif sehingga
menghasilkan dasar dari konsep perancangan buku interaktif. Dengan hasil perancangan buku
cerita interaktif ini, diharapkan anak usia dini di Indonesia dapat lebih mengeksplorasi
kehidupan di sekitarnya dan tidak hanya bergantung kepada gawai.