ABSTRAK Putri Alissia Jasmine
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terminal Peti Kemas Koja (TPK Koja) adalah salah satu anak perusahaan dari PT.
Pelabuhan Indonesia II yang melayani jasa bongkar dan muat peti kemas di
Pelabuhan Tanjung Priok. Pada tahun 2022, TPK Koja mengalami penurunan
market share sebesar 0,60% dari tahun 2021 ke tahun 2022. Berdasarkan analisis
5 why’s, penyebab utama dari permasalahan ini adalah tidak adanya jadwal
kedatangan truk eksternal yang disepakati oleh pihak terminal dan perusahaan
angkutan truk, Oleh karena itu, solusi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah
membuat jadwal kedatangan truk eksternal yang disepakati oleh pihak terminal
dan perusahaan truk.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Dynamic Collaboration
Truck Appointment System (DCTAS). DCTAS memanfaatkan dua model, yaitu
model pemrograman linier bilangan bulat dan Discrete Event Simulation (DES).
Model model pemrograman linier bilangan bulat digunakan untuk membuat
jadwal kedatangan truk eksternal yang dapat meminimalisasi total biaya
kemacetan truk eksternal. Model Discrete Event Simulation (DES) digunakan
untuk menentukan waktu penyelesaian truk eksternal sebelum dan sesudah jadwal
yang optimal ditentukan.
Berdasarkan model pemrograman linier dan simulasi yang dilakukan, diperoleh
waktu penyelesaian truk eksternal impor sebesar 44,5 menit dan waktu
penyelesaian truk eksternal ekspor sebesar 42,19 menit. Waktu penyelesaian truk
eksternal impor dan ekspor menggunakan DCTAS lebih cepat dibandingkan
waktu penyelesaian truk eksternal impor dan ekspor tanpa menggunakan DCTAS.
Terjadi penurunan sebesar 17,14% untuk waktu penyelesaian truk eksternal impor
dan 51,68% untuk waktu penyelesaian truk eksternal ekspor.