2023_TS_PP_Rizha Al-Fajri_29121332_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Kopi menjadi salah satu komoditas yang paling dicari di dunia. Per Desember 2022,
ekspor kopi dunia mencapai 10,88 juta kantong setiap tahunnya. Indonesia adalah salah
satu penghasil kopi paling beragam di dunia, menghasilkan kopi arabika dan Robusta
dan berada di peringkat kelima negara peringkat ekspor global di seluruh dunia.
Apalagi, masyarakat Indonesia mengonsumsi sekitar lima juta 60 kilogram karung
setiap tahunnya pada 2021. Beberapa langkah dilalui kopi, dari biji menjadi minuman
kopi. Langkah-langkah tersebut adalah Tumbuh, Petik, Pengolahan, Penggilingan,
Pemanggangan, Pengemasan, Pengiriman, Penggilingan, Penyeduhan, dan akhirnya
minuman kopi siap. Caracal Coffee Roasters adalah perusahaan roastery kopi di
Bandung. Perusahaan berfokus pada penyediaan biji kopi sangrai ke kedai kopi sebagai
pelanggan B2B dan menjualnya untuk diseduh di rumah oleh homebrewer sebagai
pelanggan B2C. Namun penjualan mereka khususnya ke pelanggan B2C (homebrewer)
masih rendah dan harus ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut produk biji kopi sangrai yang
berpengaruh terhadap niat beli pelanggan dan membuat strategi pemasaran yang tepat
untuk meningkatkan penjualan Caracal Coffee Roasters khususnya homebrewer.
Untuk tujuan ini, metode kualitatif pendahuluan (wawancara semi terstruktur), metode
kuantitatif (kuesioner), dan metode kualitatif (media sosial dan pasar online) dilakukan
dan dianalisis melalui kerangka kerja PLS-SEM dan AARRR. Hasil kuesioner
menunjukkan bahwa Proses Pasca Panen dan Harga merupakan dua atribut yang secara
signifikan mempengaruhi niat beli pelanggan. Hasil lain menunjukkan bahwa semua
variabel, termasuk Kesadaran Merek, Promosi Penjualan, Word of Mouth, dan Atribut
Produk, berpengaruh signifikan terhadap niat beli pelanggan, kecuali Iklan. Di sisi lain,
analisis AARRR dengan menggunakan analisis media sosial dan analisis pasar online
menunjukkan posisi dan kinerja perusahaan selama ini. Berdasarkan temuan tersebut,
dibentuk strategi pemasaran dan rencana implementasi melalui tahapan model AARRR
dan analisis konsumen.