digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagai sebuah bisnis, penting untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan guna meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Untuk melakukan proses pengembangan produk baru untuk produk tas fashion yang dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan, proses ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan design thinking. Proses ini dimulai dengan menggambarkan meningkatnya permintaan pasar untuk pakaian di Indonesia dan preferensi konsumen Indonesia terhadap merek-merek fashion lokal. Studi ini secara khusus menargetkan Beyond, merek tas fashion lokal, dengan tujuan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan serta preferensi pelanggan. Kerangka konseptual melibatkan design thinking dan agile product development, dengan menggunakan tahapan seperti empathising, defining, ideating, prototyping, dan testing. Hasil penelitian ini menyajikan spesifikasi untuk tas unisex baru, termasuk ukuran, warna, bahan, kompartemen, resleting, tali, dan detail logo merek.