digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kreatif telah muncul sebagai kontributor yang signifikan bagi pembangunan ekonomi baik negara maju maupun negara berkembang. Namun, digitalisasi dan meningkatnya persaingan menjadi tantangan untuk bisnis di sektor ini. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada EksplorAksi, sebuah bisnis industri kreatif yang menyelenggarakan workshop edukatif di Bandung dan Jabodetabek. Meski telah berkolaborasi dengan brand lain, penjualan tiket EksplorAksi tetap memberikan pemasukan diluar ekspektasi. Dengan mengkaji Faktor Personal seperti Market Maven, Stable, Open Minded, Agreeable serta peran Promosi Penjualan ditinjau dari Faktor Sosial dan Faktor Fisik, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang dapat membantu EksplorAksi dan bisnis industri kreatif lainnya meningkatkan pendapatan dan daya saing. Data akan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dari 311 orang berusia lebih dari 17 tahun, berdomisili di Jabodetabek dan Bandung, mewakili target pasar bisnis industri kreatif. Untuk menguji data dan mengembangkan kesimpulan, penelitian ini akan menggunakan metodologi kuantitatif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Personal, Promosi Penjualan, dan Faktor Fisik berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Perilaku Pembelian Pelanggan. Diungkapkan juga bahwa variabel Stable, Agreeable, Faktor Sosial, dan Faktor Fisik memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap Perilaku Pembelian Pelanggan. Selain itu, Market Maven dan Open Minded Personality tidak memiliki hubungan yang signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap Perilaku Pembelian Pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini akan digunakan sebagai dasar perumusan strategi EksplorAksi dan industri kreatif lainnya agar bisnis dapat berkelanjutan dan meningkatkan keuntungan.