ABSTRAK Wira Rifqy Halim Kalla
PUBLIC Alice Diniarti
COVER Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Wira Rifqy Halim Kalla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Ground operation merupakan fase dimana pesawat/wahana terbang diam atau
berjalan di atas tanah. Selama fase ini, beban dari pesawat disebarkan ke landing
gear. Maka perannya menjadi sangat penting. Kekuatan serta pengaturan shock
absorber yang pas dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dalam
pengoperasian pesawat. Hingga saat ini ada beberapa konfigurasi landing gear
namun hanya ada 1 yang mayoritas terpakai karena beberapa kelebihan yang
dimilikinya yaitu tipe tricycle. Dalam penelitian ini, wahana akan dimodelkan
sebagai titik massa dengan 3 landing gear dengan tipe konfigurasi tricycle.
Pemodelan wahana menggunakan perangkat lunak Simulink serta data
geometrinya menggunakan MATLAB. Skenario simulasi respon wahana saat
ground operation divariasikan pada berbagai kondisi landasan pacu, thrust, dan
kekakuan pegas. Akhirnya hasil respon dianalisis untuk kemudian didapatkan
pemahaman terkait karakteristik landing gear pada wahana terbang.