digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219012 David Moelia Sapoetra.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang alur interaksi checkout pada aplikasi online travel agent (OTA) dengan menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang ada dalam alur interaksi checkout yang saat ini digunakan dan merancang alur interaksi yang lebih baik berdasarkan prinsip-prinsip UCD. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui riset pengguna. Data tersebut kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kesulitan dan masalah yang dihadapi pengguna saat menggunakan alur interaksi checkout yang ada. Berdasarkan analisis tersebut, dilakukan perancangan alur interaksi yang lebih efektif, efisien, dan memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan alur interaksi checkout yang baru dalam bentuk fitur keranjang belanja pada aplikasi OTA. Alur interaksi ini memiliki beberapa fitur tambahan, seperti penambahan dan penghapusan produk ke dalam keranjang, perbandingan produk sejenis, dan pembayaran seluruh produk di dalam keranjang belanja. Perancangan ini didasarkan pada prinsip-prinsip UCD yang melibatkan pengguna secara aktif dalam proses perancangan. Melalui implementasi perancangan ini, didapatkan bahwa pengguna memiliki pengalaman checkout yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih memuaskan dengan adanya fitur keranjang belanja. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada pengembang aplikasi untuk memperbaiki alur interaksi checkout pada aplikasi OTA lainnya, dengan memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna dalam pengembangan produk yang lebih baik secara keseluruhan.