digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhamad Restu Ramadhan
PUBLIC Rita Nurainni, S.I.Pus

Bandara Kertajati adalah bandara yang sengaja dirancang dan dibangun untuk siap mengoperasikan tingginya frekuensi dan kuantitas pesawat terbang, khususnya bagi masyarakat dan penggerak ekonomi di Jawa Barat. Untuk memastikan lancarnya operasional penerbangan, tentu harus memerhatikan banyak aspek, termasuk aspek meteorologi. Salah satu yang terpenting untuk dikaji adalah faktor angin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor angin yang mempengaruhi manuver mendarat dan lepas landas pesawat di Bandara Kertajati. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data angin menggunakan data METAR/SPECI dari stasiun cuaca di bandara selama periode lima tahun terakhir. Data angin diolah dengan trigonometri sederhana dan dianalisis menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angin di Bandara Kertajati mengikuti pola monsun pada siang hari dan berasal dari arah selatan pada malam hari. Banyak kejadian ekstrem tertentu dimana nilai (proyeksi) kecepatan angin melebihi batas limitasi pesawat terbang. Namun secara rata-rata karakteristik angin masih dalam batas aman untuk limitasi pesawat terbang komersil yang sering digunakan di Indonesia.