digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP SABRINA SEKAR DEWANI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Kopi merupakan komoditas terbesar kedua di dunia setelah minyak bumi. Indonesia, sebagai salah satu produsen terbesar kopi, memiliki keberagaman tanaman kopi dan olahannya. Perkebunan kopi Indonesia mencakup wilayah seluas 1,24 juta hektar, dengan sebagian besar dikelola oleh petani skala kecil. Ekspor kopi Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun, menunjukkan pertumbuhan industri kopi yang signifikan. Kopi juga melekat dalam budaya Indonesia, dengan berbagai tradisi dan teknik pembuatannya. Konsumsi kopi dalam negeri juga tinggi, menjadikan Indonesia sebagai negara konsumsi kopi terbesar kedua di dunia. Indonesia menggunakan kopi sebagai alat diplomasi melalui gastrodiplomasi, mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia. Museum dan Pabrik Kopi Banaran yang terletak di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan daerah dengan potensi guna lahan dan sumber daya alam yang besar. Namun, potensi tersebut dirasa seringkali masih diabaikan dan belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, Perancangan Indonesia Coffee Center sebagai wisata edukasi di Desa Gemawang, Semarang diharapkan dapat memperkuat posisi kopi sebagai merek bangsa Indonesia. Konsep utama yang diusung adalah ‘Menjelajah Indonesia Melalui Kopi’ yang dijabarkan menjadi tiga kata kunci, yaitu Welcoming, Experience, Cultural. Kata kunci diimplementasikan pada konsep-konsep lainnya di perancangan ini, seperti pencahayaan, pengkondisian udara, pemilihan material dan warna, serta bentuk bangunan guna menjawab solusi dari permasalahan yang ada.