2023 TA PP SABRINA SEKAR DEWANI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Kopi merupakan komoditas terbesar kedua di dunia setelah minyak bumi.
Indonesia, sebagai salah satu produsen terbesar kopi, memiliki keberagaman
tanaman kopi dan olahannya. Perkebunan kopi Indonesia mencakup wilayah seluas
1,24 juta hektar, dengan sebagian besar dikelola oleh petani skala kecil. Ekspor kopi
Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun, menunjukkan pertumbuhan
industri kopi yang signifikan. Kopi juga melekat dalam budaya Indonesia, dengan
berbagai tradisi dan teknik pembuatannya. Konsumsi kopi dalam negeri juga tinggi,
menjadikan Indonesia sebagai negara konsumsi kopi terbesar kedua di dunia.
Indonesia menggunakan kopi sebagai alat diplomasi melalui gastrodiplomasi,
mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia.
Museum dan Pabrik Kopi Banaran yang terletak di Desa Gemawang, Kecamatan
Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan daerah dengan potensi guna
lahan dan sumber daya alam yang besar. Namun, potensi tersebut dirasa seringkali
masih diabaikan dan belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu,
Perancangan Indonesia Coffee Center sebagai wisata edukasi di Desa Gemawang,
Semarang diharapkan dapat memperkuat posisi kopi sebagai merek bangsa
Indonesia. Konsep utama yang diusung adalah ‘Menjelajah Indonesia Melalui
Kopi’ yang dijabarkan menjadi tiga kata kunci, yaitu Welcoming, Experience,
Cultural. Kata kunci diimplementasikan pada konsep-konsep lainnya di
perancangan ini, seperti pencahayaan, pengkondisian udara, pemilihan material dan
warna, serta bentuk bangunan guna menjawab solusi dari permasalahan yang ada.