2023 TA PP YUNITA DWI FRIZKYANA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perancangan Sekolah Dasar Inklusi dengan Pendekatan Biophilic Design berangkat
dari meningkatnya jumlah siswa berkebutuhan khusus di Riau yang berhak
mendapatkan pendidikan sesuai dengan masing-masing jenis keterbatasan.
Pendidikan inklusi merupakan sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak
berkebutuhan khusus belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama
teman-teman seusianya yang dirancang khusus demi mewujudkan pemerataan
pendidikan di Indonesia agar seluruh anak-anak dapat belajar dan bermain dengan
sesama tanpa terkecuali baik yang memiliki dan tidak memiliki keterbatasan secara
mental, fisik, sosial, dan emosional.
Metode penelitian yang dilakukan pada perancangan ini yaitu dengan melakukan
studi literatur, observasi lapangan, dan wawancara secara langsung dengan pihak
yang berkaitan dengan sekolah inklusi untuk memperoleh data yang dibutuhkan
dalam perancangan. Pendidikan inklusi diharapkan dapat mendorong orang tua agar
mengerti kepentingan pemberian pendidikan kepada anak-anak mereka yang
berkebutuhan khusus serta meruntuhkan stigma negatif yang melekat pada
masyarakat Indonesia mengenai anak berkebutuhan khusus dan penyandang
disabilitas. Pendekatan perancangan sekolah dasar inklusi menghadirkan desain
biofilik yang difokuskan untuk menciptakan hubungan yang kuat antara alam dan
lingkungan buatan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan.
Peleburan desain biofilik ke dalam sekolah dasar inklusi bertujuan sebagai media
bagi siswa untuk ‘learn diversity from nature’ disamping menjadi media terapi
secara visual dan kesehatan.