2023 TA PP NAFI’ARDHANI FIRMANSYAH 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perancangan Tuban Creative Space untuk membangun ekonomi kreatif kota Tuban
berangkat dari Sumber daya manusia kota Tuban yang sudah memiliki potensi kuat
untuk berkompetisi didalam ranah ekonomi kreatif. Tuban dikatakan sudah berhasil
pada fase produksi untuk industri kreatif, namun Tuban belum memiliki wadah
mendukung yang berperan sebagai peleburan industri kreatif dan budaya daerah
sekitar, tempat bagi para pelaku kreatif lokal untuk terhubung, berkolaborasi,
memperkenalkan produk yang mereka jual dan membangun praktik mereka dan
bagi komunitas untuk berpartisipasi dalam kegiatan seni dan kreatif di berbagai
media. hal tersebut menjadi masalah bagi kemajuan pelaku ekonomi kreatif kota
Tuban. Selain itu Tuban juga sedikit memiliki sebuah fasilitas yang memiliki daya
tarik bagi masyarakat luar maupun dalam kota untuk datang mengunjungi tempat
tersebut dengan senang hati.
Dari latar belakang tersebut, perancangan ini memiliki tujuan untuk mewujudkan
sebuah tempat yang dapat mengintegrasikan para pelaku ekonomi kreatif di kota
Tuban supaya mereka memiliki wadah berjualan dan berkumpul. dengan tujuan
agar lebih mudah memperkenalkan produk asli karya mereka kepada masyarakat
juga membangun suasana yang dapat menarik seluruh kalangan masyarakat supaya
mengunjungi tempat tersebut dengan senang hati dan rasa nyaman untuk memasuki
fasilitas tersebut terlepas dari status ekonomi maupun preferensi.
Metode penelitian yang dilakukan pada perancangan ini yaitu dengan melakukan
studi literatur, observasi lapangan, dan wawancara secara langsung dengan pihak
yang berkaitan dengan resort untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam
ii
perancangan. Observasi lapangan bersama penggerak ekonomi kreatif kota Tuban
(Karya Cah Tuban) yang dilakukan di kota Tuban.
Proyek perancangan Creative Space ditujukan sebagai fasilitas utama untuk
menampung produk kreatif asli lokal bagi para pelaku ekraf yang ada di kota Tuban.
Fasilitas yang dirancang menyediakan 5 area utama yaitu area komersial, area
edukasi, area kolaborasi, area inkubasi, dan area pengelola. Kelima area tersebut
merupakan nyawa bagi perancangan Creative Space ini. Fasilitas ini memiliki target
pengunjung utama yaitu masyarakat umum terutama turis dari luar kota.
Desain yang dibangun diharapkan dapat merangkul masyarakat kota Tuban untuk
datang berkunjung, dan menjadikan tempat berkumpul bagi mereka. Hal tersebut
kemudian menghasilkan tiga kata kunci utama yang dijadikan acuan untuk
perancangan, yaitu Guyub (Mengintegrasi), Grapyak (Merangkul), dan Gumebyar
(Berbeda). Kata kunci diimplementasikan pada konsep-konsep lainnya di perancangan
ini, seperti pencahayaan, pengkondisian udara, pemilihan material dan warna, serta
bentuk bangunan guna menjawab solusi dari permasalahan yang ada.